sign up SIGN UP

LIFE

Napas Bau Tanda Kekurangan Vitamin B12? Begini Penjelasannya!

Siti Annisa | Kamis, 27 Dec 2018 12:40 WIB
Napas Bau Tanda Kekurangan Vitamin B12? Begini Penjelasannya!
caption
Vitamin B12 adalah salah satu kandungan terpenting dalam tubuh. Sebab, vitamin B12 bekerja khusus untuk membantu tubuh memproduksi sel darah merah dan menjaga kesehatan jantung. Untuk itulah, sebisa mungkin tubuhmu tak boleh kekurangan vitamin B12, terlebih dalam waktu yang cukup lama. Maka, kamu harus mendeteksi sedini mungkin, apakah tubuhmu kekurangan vitamin B12 atau tidak. Menurut Dr. Craig Maxwell dari Integrative Medical Center, Amerika Serikat, seperti yang dilansir dalam laman Express, salah satu tanda apabila kamu kekurangan vitamin B12 adalah dengan munculnya bau tak sedap dari dalam mulutmu. Selain itu, apa saja sih uraian mengenai akibat kurangnya vitamin B12 di dalam tubuhmu? Simak penjelasannya, yuk!

1. Kekurangan Vitamin B12 dan Penyebabnya


Foto: https://unsplash.com

Selain kulit pucat dan masalah pada jantung, napas bau tak sedap juga menjadi tanda jika kamu kekurangan vitamin B12 lho, Ladies! Apabila kamu kekurangan vitamin B12, maka jumlah enzim yang bertugas untuk membantu pencernaan akan menurun jumlahnya dalam aliran darah. Itulah yang kemudian menyebabkan limbah di dalam darah ikut meningkat dan berpontensi mengakibatkan bau mulut.

Sementara itu, salah satu kebiasaan yang menjadi penyebab kurangnya vitamin B12 di dalam tubuh adalah karena buruknya serangkaian diet yang kamu lakukan. Tentunya, diet yang buruk akan merusak fungsi pencernaan yang akan mengakibatkan bau mulutmu menjadi tidak sedap.


2. Kekurangan Vitamin B12 Dapat Menyebabkan Penyakit Demensia dan Psikosis


Foto: https://unsplash.com

Penyakit demensia adalah sebuah kondisi seseorang yang mengalami kemunduran fungsi otak. Biasanya seseorang yang mengalami demensia akan menjadi mudah lupa, terlalu bingung, dan mudah keliru dalam memahami situasi dan berbagai hal. Selain demensia, kekurangan vitamin B12 juga bisa membuat seseorang mengalami gangguan psikosis, di mana seseorang yang mengalami psikosis tidak dapat membedakan antara realitas dan fantasi belaka.

Sementara itu, kurangnya vitamin B12 juga menyebabkan hilangnya keseimbangan, mudah kesemutan, tidak mampu menahan buang air kecil, mudah lelah, jantung yang berdetak lebih kencang, berat badan yang semakin menurun, serta diare.


3. Kekurangan Vitamin B12 Mengakibatkan Anemia


Foto: https://unsplash.com

Jika kamu kekurangan vitamin B12 dalam jangka waktu yang cukup lama, bersiaplah untuk terserang penyakit anemia. Sebab, dengan sedikitnya jumlah vitamin B12 yang terdapat dalam tubuhmu, akan mengakibatkan tubuh gagal memproduksi sel darah merah yang akan menyebabkan munculnya penyakit anemia. Sementara itu, anemia bisa memicu masalah pada jantung dan paru-paru. Selain anemia, kekurangan vitamin B12 mengakibatkan pula gangguan pada penglihatan, masalah pada rambut, juga munculnya hiperpigmentasi, yaitu tidak meratanya warna kulit secara alami.



4. Vitamin B12 Terkandung dalam Produk Hewani


Foto: https://unsplash.com

Tidak ada catatan khusus yang menyatakan bahwa vitamin B12 terkadung dalam buah-buahan. Akan tetapi, kamu bisa mendapatkan vitamin B12 dengan mengonsumsi produk daging, seperti daging sapi, kerang, kepiting, ikan salmon, ikan tuna, daging ayam, susu, yogurt, keju, serta telur. Sementara, untuk kamu yang sudah menjadi vegetarian, kamu bisa mengonsumsi produk kedelai seperti, tempe, tahu, susu kedelai, oncom, juga produk rumput laut, seperti nori, sebagai pengganti daging. Well, kita sama-sama saling jaga kesehatan yuk, Ladies!


(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id