sign up SIGN UP

LIFE

Nggak Cuma Dibikin Kolak, Inilah 5 Olahan Lain dari Pisang Untuk Menu Buka Puasa

Resti Agustiani | Minggu, 02 Jun 2019 09:00 WIB
Nggak Cuma Dibikin Kolak, Inilah 5 Olahan Lain dari Pisang Untuk Menu Buka Puasa
caption
Pisang memiliki banyak sekali jenis dan dapat dimanfaatkan menjadi berbagai macam olahan makanan. Di bulan Ramadan, umumnya pisang diolah menjadi kolak, diolah bersama ubi dan kolang-kaling. Menjelang akhir Ramadan, meskipun kamu suka pisang, mungkin saja kamu sudah bosan dengan kolak. Betul, nggak, nih? Nah, supaya menu buka puasa lebih variatif, yuk intip 5 resep olahan pisang berikut ini!

Puding Pisang


Puding memiliki cita rasa yang manis dan paling nikmat disantap dalam keadaan dingin. Bagi kamu si pecinta pucing dan sekaligus pecinta pisang, kamu bisa menyatukan dua makanan favoritmu tersebut dalam puding pisang. Caranya mudah banget.

Pertama-tama didihkan agar-agar plain bersama susu dan gula pasir. Boleh ditambahkan dengan vanili sebagai pewangi. Selanjutnya tata potongan pisang di dalam wadah puding. Setelah mendidih, tuang adonan ke atas pisang. Tunggu hingga puding agak dingin, masukkan ke dalam lemari es dan sajikan dalam keadaan dingin.


Foto: Istimewa

Pisang Epe


Menu kudapan khas Makassar ini bisa menjadi menu buka puasa untuk kamu yang menyukai menu buka puasa berkuah, karena hidangan ini menggunakan kuah gula sebagai pelengkap. Pisang yang digunakan untuk olahan ini biasanya dari jenis pisang raja.

Cara membuatnya adalah dengan memipihkan pisang raja yang sudah matang, lalu dibakar hingga aroma harumnya menguar. Setelah itu, tata pisang di dalam piring, guyur dengan cairan gula merah dan taburi dengan toping kacang sangrai. Gurih dan manisnya siap memuaskan lidahmu.


Foto: Istimewa

Kue Pisang


Kue pisang yang terkadang disebut juga dengan kue nagasari merupakan kue tradisional yang berbahan dasar tepung beras dan pisang. Kue ini memiliki cita rasa yang gurih karena menggunakan santan dalam adonannya.

Untuk membuatnya, kamu perlu siapkan tepung beras. Campurkan dengan santan cair yang telah dididihkan. Setelah menjadi adonan, bentuk kue di atas daun pisang sebagai pembungkus dan masukkan potongan pisang ke dalam adonannya. Bungkus hingga rapat, lalu kukus hingga matang, kurang lebih 45 menit. Paling nikmat dimakan selagi hangat, nih.



Foto: Istimewa

Piscok


Piscok alias pisang cokelat merupakan menu buka puasa sederhana yang menjadi favorit banyak orang. Cara membuatnya gampang banget. Kamu hanya perlu menyiapkan pisang, kulit lumpia, cokelat (boleh pasta ataupun meses) serta keju sebagai tambahan topping.

Langkah pembuatannya, potong pisang menjadi potongan kecil, boleh bulat ataupun panjang sesuai selera. Lebarkan kulit lumpia, isi dengan potongan pisang dan cokelat. Bungkus dengan rapi, lalu goreng hingga kecoklatan. Setelah matang, kamu bisa memberikan toping parutan keju untuk makin menggugah selera. Hmm, yummy!


Foto: Istimewa

Bolu Pisang


Bagi kamu yang suka baking, resep bolu pisang ini bisa dicoba. Bolu pisang memiliki tekstur yang lembut dan aroma yang wangi. Untuk membuatnya, pertama kamu harus haluskan pisang terlebih dahulu. Setelah itu, kocok telur dan gula menggunakan mixer hingga mengembang. Tambahkan adonan pisang, minyak goreng, tepung terigu, soda kue, bubuk vanili, gula dan garam. Aduk adonan hingga merata, lalu tuangkan ke dalam loyang yang sudah diolesi minyak. Kukus dengan api sedang selama 30 menit. Jadi, deh!


Foto: Istimewa
(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id