sign up SIGN UP

LIFE

Obat Alami untuk Atasi Rasa Nyeri Saat Menstruasi, Bikin Badmood Hilang!

Farah fitri | Selasa, 13 Aug 2019 08:00 WIB
Obat Alami untuk Atasi Rasa Nyeri Saat Menstruasi, Bikin Badmood Hilang!
caption
Sebagian wanita merasa sering badmood karena nyeri haid saat mentruasi datang. Keluhan seperti ini membuat para wanita tidak bisa beraktivitas dengan nyaman dan leluasa. Agar nyeri haid tidak semakin menjadi jadi, coba yuk rekomendasi obat alami nyeri haid berikut ini!

Nyeri Haid Bisa Terjadi Karena Hal Ini


Tahu kah kamu? Bahwa nyeri haid bisa terjadi ketika dinding otot rahim bergerak dan menekan pembuluh darah yang ada disekitarnya. Ini membuat pasokan oksigen ke rahim menjadi terhenti. Tanpa oksigen, tubuh akan mengeluarkan zat kimia pemicu rasa sakit dan memproduksi prostaglandin. Nah, Prostaglandin inilah yang membuat otot-otot rahim terus berkontraksi sehingga terjadi rasa sakit.


Foto: https://pin.it/6svw5lkchtyg2e

Meminum Teh


Penelitian menunjukkan bahwa minum teh herbal hangat, seperti teh yang terbuat dari bunga chamomile dan teh dengan campuran jahe bisa menjadi obat nyeri haid alami karena membantu  berperan untuk melemaskan otot-otot yang tegang serta menghilangkan rasa nyeri selama haid berlangsung. Kamu bisa meminumnya sehari 3 kali atau pada saat merasa nyeri haid.


Foto: https://pin.it/njrdl4rrkj66p5

Kunyit Asam


Campuran kunyit asam sering digunakan sebagai obat alami untuk nyeri haid, karena secara alamiah, kunyit mengandung bahan aktif yang berfungsi sebagai analgesik (meredakan nyeri), antipiretik (menurunkan suhu tubuh saat demam), dan antiradang. Begitu juga dengan asam jawa yang mengandung bahan aktif sebagai antiradang, antipiretik, dan penenang.

Tak hanya itu, kandungan kurkumin pada kunyit bekerja dengan mengurangi aliran masuk ion kalsium pada sel-sel epitel rahim dan mengurangi produksi prostaglandin, yaitu hormon yang menciptakan rasa sakit dan pembengkakan. Manfaat ini semakin efektif dengan reaksi tannin, saponin, sesquiterpenes, alkaloid, dan phlobotamin pada asam jawa yang dapat memengaruhi sistem saraf otonom dan otak. Selanjutnya, otak akan otomatis memerintahkan ke tubuh untuk meredakan kontraksi rahim.


Foto: https://pin.it/bix6hy6umoupio

Obat Herbal Drugstore


Jika kamu tidak sempat untuk membuat racikan pereda nyeri haid, kamu juga bisa langsung membeli pereda nyeri tanpa harus di racik, seperti minuman Kiranti yang dijual di drugstore. Dalam 1 botol Kiranti, terkandung bahan herbal seperti kunyit, asam jawa, kencur, pandan, jahe, dan kayu manis. Kombinasi bahan-bahan ini yang bermanfaat untuk mengatasi nyeri haid. Selain membantu mengatasi nyeri datang bulan, Kiranti juga berkhasiat bagi seseorang yang mengalami telat datang bulan atau sebagai pelancar haid. 


Foto: https://pin.it/ztc3dprhvjekzx
(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id