sign up SIGN UP

Para Ahli Melarang Keras Lobster dan Kepiting Direbus Hidup-hidup! Lho, Kenapa?

Tim Redaksi CNN Indonesia | Jumat, 26 Nov 2021 17:30 WIB
Para Ahli Melarang Keras Lobster dan Kepiting Direbus Hidup-hidup! Lho, Kenapa?
Para Ahli Melarang Keras Lobster dan Kepiting Direbus Hidup-hidu/Foto: Freepik.com
Jakarta -

Siapa nih yang hobi banget mengonsumsi olahan seafood? Pastinya kepiting, lobster, gurita, cumi-cumi, dan lainnya tak boleh ketinggalan ya, Beauties!

Nah ternyata, baru-baru ini para ahli di London School of Economics mengungkapkan jika lobster dan kepiting dilarang keras untuk direbus secara hidup-hidup. Bukan tanpa alasan, hal ini karena mereka bisa merasakan sakit, sehingga harus diperlakukan seperti makhluk hidup lainnya.

Berdasarkan tinjauan yang dilakukan oleh pemerintah Inggris, hewan-hewan tersebut kini masuk ke dalam daftar makhluk hidup yang akan diberi perlindungan di bawah undang-undang kesejahteraan hewan yang baru.

SeafoodKepiting/ Foto: Freepik.com

Sebanyak 300 studi ilmiah yang dilakukan oleh para ahli membuktikan jika hewan pun, memiliki perasaan. Hasil studi tersebut menyimpulkan bahwa hewan chepalopoda (seperti gurita, cumi-cumi, dan sotong) dan dekapoda (seperti kepiting, lobster, udang karang) harus diperlakukan sebagai makhluk hidup.

Mereka harus mendapatkan perlakuan terbaik dari saat pengangkutan, dipingsankan, dan pemotongan. 

Sebelumnya, vertebrata atau hewan dengan tulang punggung, sudah diklasifikasikan sebagai makhluk hidup yang masuk dalam undang-undang kesejahteraan hewan baru yang saat ini sedang diperdebatkan di Inggris.

Setelah RUU itu disahkan, nantinya akan dibentuk Komite Perasaan Hewan yang akan mengeluarkan laporan tentang seberapa baik keputusan pemerintah mempertimbangkan kesejahteraan hidup hewan. 

Lalu bagaimana cara mengukur perasaan kepiting dan lobster ya, Beauties? Nah, baca selengkapnya di sini.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id