sign up SIGN UP

LIFE

Penasaran Rasa Kopi Campur Kecap Manis? Ini Resepnya!

Tria Oktyana | Jumat, 20 Mar 2020 07:30 WIB
Penasaran Rasa Kopi Campur Kecap Manis? Ini Resepnya!
caption
Baru-baru ini viralnya sajian kopi yang tidak biasa. Kecap yang biasanya disajikan untuk makanan asin, berubah menjadi campuran kopi yang manis dan pahit. Percampuran kopi dan kecap ternyata banyak digemari karena dapat memperkaya rasa dari kopi tersebut. Penasaran untuk mencoba? Yuk! Coba buat dengan resep berikut ini.

Banyak orang yang penasaran dengan rasa dari kopi kecap yang sedang viral baru-baru ini. Kecap yang memiliki rasa manis dan gurih dipadukan dengan kopi yang pahit dan manis. Walaupun sama-sama manis, kecap biasanya digunakan untuk pelengkap makanan asin. Sehingga perpaduan ini membuat banyak orang tertarik untuk mencobanya. Untuk itu inilah resep kopi kecap yang dapat kamu coba sendiri di rumah. 


Bahan-Bahan Kopi Kecap




Foto: https://www.instagram.com/masakjajan/

Untuk membuat resep minuman ini ternyata dibutuhkan bahan-bahan yang mudah dicari di rumah. Apa saja bahannya ya?

        
  • 1 sdm kopi hitam atau kamu juga dapat menggunakan kopi pilihan yang menjadi favorite kamu
  •     
  • 200 ml air mendidih
  •     
  • 4 sdm susu kental manis
  •     
  • 2 sdm kecap manis 
  •     
  • es batu secukupnya (apabila kamu lebih suka kopi hangat tidak usah ditambah es batu)
  •     
  • Es krim atau krim kue (ini juga pilihan untuk menambah rasa)

Cara Pembuatan




Foto: https://www.instagram.com/dyodoran/

Untuk membuat kopi kecap yang sedang viral ini, hampir sama dengan membuat kopi seperti biasanya yaitu:


        
  1. Masukan kopi yang akan digunakan kedalam sebuah gelas.
  2.     
  3. Tambahkan 4 sdm susu kental manis untuk membuat rasa kopi lebih manis. Kemudian seduh dengan air mendidih secukupnya. Aduh hingga rata.
  4.     
  5. Kemudian tambahkan kecap manis 2 sendok makan, atau sesuai selera. Penambahan kecap manis ini hampir sama dengan kamu menambahkan gula aren. Tak hanya membuat rasa lebih manis tetapi juga membuat warna lebih cantik dan kaya akan rasa. 
  6.     
  7. Selanjutnya tambahkan es krim ataupun krim untuk topping. Untuk topping juga kamu dapat juga menambahkan pudding ataupun boba.

Manfaat Menambahkan Kecap Manis




Foto: https://www.instagram.com/senja.memories

Manambahkan kecap manis ternyata tak hanya membuat rasa lebih enak, tetapi juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Seperti yang kita tahu, pembuatan kecap manis berasal dari kacang kedelai pilihan yang diolah dengan cara fermentasi sehingga menghasilkan rasa manis yang membawa banyak manfaat dari hasil fermentasi kedelai. 

Kecap manis dapat membantu menurunkan kolestrol dalam tubuh karena mengandung antosianin dan isoflavon. Tak hanya itu menambahkan kecap manis pada kopi juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh karena kandung gizi yang komplit dalam kedelai. Kandungan peptide dalam kedelai juga dapat membantu tubh memerangi penyakit. Sehingga sangat cocok dinikmati pada musim hujan seperti sekarang ini yang rentang terhadap virus dan penyakit.

Baca Juga: Berawal dari Iseng, Toko Buku Ini Mendadak Viral Berkat Postingan Ilusi Cover Bukunya


(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id