sign up SIGN UP

LIFE

Penting! Ini Dia Cara Mengatasi Keracunan Makanan Secara Alami yang Wajib Diketahui

Agatha Kharisma | Jumat, 09 Jun 2017 05:30 WIB
Penting! Ini Dia Cara Mengatasi Keracunan Makanan Secara Alami yang Wajib Diketahui
caption
Keracunan makanan dapat menyerang siapa saja, kapan saja dan di mana saja. Gejalanya termasuk mual, muntah, dan diare. Ada beberapa solusi alami untuk meringankan gejala keracunan makanan. Yuk, langsung saja simak cara mengatasi keracunan makanan secara alami ini sebelum terlambat!



Air dan Oralit Untuk Mencegah Dehidrasi

Ketika muntah dan diare, kamu sangat rentan terkena dehidrasi yang dapat membahayakan nyawa. Oleh sebab itu, kamu wajib minum air sedikit-sedikit secara teratur untuk menghindari dehidrasi. Kalau perlu, kamu dapat minum Oralit atau sports drink yang mengandung mineral untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang.


Foto: https://www.theodysseyonline.com/stay-hydrated-when-youre-sick



Jahe

Jahe membantu proses pencernaan serta dapat meringankan gejala mual dan muntah akibat keracunan makanan. Rebus parutan jahe dalam air mineral selama beberapa menit, lalu hidangkan sebagai teh jahe. Kamu dapat menambahkan sedikit gula atau madu yang juga berfungsi sebagai sumber energi.


Foto: https://www.healthline.com/health/food-nutrition/ginger-tea-side-effects



Activated Charcoal

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa activated charcoal atau karbon aktif mampu mendetoksifikasi dengan cara mengikat racun dan membuangnya dari saluran pencernaan. Oleh karena itu, penggunaan activated charcoal lazim ditemui dalam kasus keracunan makanan. Di Indonesia, tablet activated charcoal murni dijual dengan merk Norit dan dapat kamu temukan di berbagai apotik. Minumlah sesuai anjuran pada kemasan.



Foto: https://www.superfoodly.com/activated-charcoal-uses-side-effects/

Semoga lekas sembuh, Beautynesian. Apabila gejala semakin parah atau tidak berkurang, segera minta pertolongan medis dan hubungi dokter.

 


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id