sign up SIGN UP

LIFE

Penuh Nutrisi dan Segudang Manfaat, Ini 7 Sayur yang Bisa Dijadikan Salad

Budi Panjaita | Jumat, 26 Apr 2019 06:45 WIB
Penuh Nutrisi dan Segudang Manfaat, Ini 7 Sayur yang Bisa Dijadikan Salad
caption
Siapa sih yang tidak kenal dengan istilah salad. Ya, makanan yang lebih akrab dengan vegeratian ini memang dikenal sebagai makanan yang kaya serat dan sering diperuntukkan bagi mereka yang menjalani diet. Di samping itu, ternyata bukan hal yang sembarang lho, dalam memilih sayur untuk membuat salad. Setidaknya ada 7 sayur yang bisa Beautynesian jadikan bahan membuat salad. Apa saja? Simak di bawah ini ya.

Jagung Manis




Foto: https://charliesfruitonline.com.au/product/corn-australian-sweet-corn/
Sayur yang sekaligus juga bisa dikatakan buah ini menjadi salah satu bahan utama yang digunakan dalam pembuatan salad. Ya, jagung begitu favorit karena rasanya yang manis beserta tekstur chruncy yang dimilikinya.

Cara mengolah jagung sebelum dijadikan salad cukup mudah kok, tinggal dipipil terlebih dahulu kemudian rebus sebentar dalam air mendidih yang sudah dibubuhkan garam. Satu tips yang tidak boleh kamu lupakan ialah pilih jagung manis yang muda agar rasa dan teksturnya enak dan lembut.

Buncis




Foto: https://thefamilydinnerproject.org/food/green-beans-with-lime/
Sayur yang masuk dalam jenis kacang ini juga bisa dijadikan isian salad yang lezat. Warna hijau nan segar dengan tambahan rasa manis alami di dalamnya memang cocok dipadukan dengan dressing salad.

Cara mengaplikasikannya juga cukup mudah, tinggal dipotong pada bagian ujung buncis kemudian tarik hingga seratnya ikut. Setelah seratnya dibuang, barulah rebus potong memanjang dan rebus pada air mendidih.

Wortel




Foto: https://www.organicfacts.net/recipe/carrot-juice
Kandungan Vitamin A yang begitu baik untuk kesehatan mata terdapat dalam sayur wortel. Tidak heran jika sayur ini selalu masuk dalam daftar isian salad. Tips yang harus kamu perhatikan adalah memilih wortel yang masih muda supaya tidak terlalu keras, kemudian potong berbentuk dadu ataupun korek api. Setelah itu, rebus dalam air mendidih agar tekstur yang dihasilkan lebih chruncy.

Selada




Foto: https://www.capitalbbqfest.ca/product/head-of-green-leaf-lettuce/

Kalau sayuran yang satu ini tentu sudah sangat tidak asing lagi, kan Beautynesia. Bahkan hampir di semua jenis salad, keberadaannya pasti ditemukan. Cara pengaplikasiannya pada salad pun tidak susah. Tinggal dicuci bersih kemudian dicabik-cabik saja. Pada umumnya, jenis selada yang sering digunakan adalah green leaf.


Kentang




Foto: https://www.indiamart.com/proddetail/potato-18711678097.html
Sajian sehat sekaligus mengenyangkan bisa didapatkan dengan membubuhkan kentang dalam isian salad. Adanya kandungan karbohidrat di dalam salad memang menjadi alternatif pengganti nasi yang lebih sehat serta membuat kenyang lebih lama. Supaya lebih sehat, dianjurkan untuk merebus kentang bersama dengan kulitnya. Tapi, pastikan dulu bahwa sudah tidak ada tanah yang menempel pada kulit.

Tomat Ceri




Foto: https://pixabay.com/id/photos/tomat-kecil-sayuran-salad-panen-1651216/
Bentuknya yang terkesan lucu dan imut memang memberi nuansa tersendiri untuk salad yang akan di buat. Rasa manis, asam serta segar berpadu jadi satu membentuk citarasa salad yang begitu nikmat. Karena ukurannya yang kecil, kamu bisa langsung memasukkan tomat ceri secara utuh yang sudah dibuang tangkainya dan sudah dicuci bersih.

Jamur




Foto: https://pixabay.com/id/photos/jamur-sayuran-sayur-514782/
Satu lagi yang tidak ketinggalan adalah jamur. Cita rasa yang begitu nikmat dari jamur akan menambah kelezatan salad yang dibuat. Salad yang kamu buat akan lebih kaya rasa, tekstur dan kandungan mineral.

[Gambas:Youtube]


(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id