sign up SIGN UP

LIFE

Perbaiki Asupanmu dengan Tips Makan Siang Sehat Ini!

Agatha Kharisma | Rabu, 28 Jun 2017 05:30 WIB
Perbaiki Asupanmu dengan Tips Makan Siang Sehat Ini!
caption
Di tengah kepadatan aktivitas, seringkali kita memilih makan siang seadanya atau bahkan melewatkannya sama sekali. Maklum, makanan cepat saji sangat praktis dan terasa lezat. Padahal, makan siang yang sehat penting untuk menjaga asupan gizi dan kinerja tubuh kita. Yukk perbaiki asupan dengan tips makan siang sehat berikut ini!


 


Rencanakan Menu Makan Siang


Supaya tak kebingungan setiap hari, kamu dapat merancang menu makan siang tiap minggu. Kamu nggak perlu membuat makanan yang berbeda jauh setiap harinya, kok. Pilih beberapa jenis sayuran sebagai tema di minggu tersebut. Misalnya, sebongkah selada atau kale dapat dijadikan salad, sandwich, atau tumisan. Telur dapat menjadi isian sandwich, dibuat salad, atau dibuat omelet sayuran. Voila, kamu sudah punya menu makan siang untuk beberapa hari!


Foto: https://valleyparentmagazine.com/meal-planning-101/


 


Tak Ada Waktu? Sisakan Makan Malam


Tak ada waktu karena sibuk menyiapkan sarapan? Ada trik yang dapat kamu terapkan. Kamu hanya perlu membuat makan malam di hari sebelumnya dalam porsi yang lebih banyak, misalnya tumis daging dan sayuran. Simpan di kulkas lalu hangatkan di microwave. Tinggal tambahkan nasi atau roti sebagai sumber karbohidrat.


Foto: https://livehealthyosu.com/tag/leftovers/


 


Karbohidrat, Protein dan Serat


Karena kamu sedang di tengah aktivitas, kamu boleh mengkonsumsi porsi sedang atau normal ketika makan siang. Pasalnya, karbohidrat akan segera diubah menjadi energi untuk berpikir dan beraktivitas. Sementara itu, protein disimpan sebagai sumber energi dan serat menjaga supaya kamu tak mudah lapar. Pastikan porsi protein dan serat lebih banyak dari karbohidrat.

Hindari lemak jenuh dan gula yang hanya memberi energi sesaat (sugar rush) namun dapat menimbulkan rasa kantuk dan cepat lapar.


Foto: https://www.pinterest.com/explore/school-lunch-menu/


 


Katering Sehat


Kalau kamu memiliki budget, tak ada salahnya mempertimbangkan ikut katering sehat. Meskipun membutuhkan biaya lebih, namun menu katering sehat lebih kompleks dan praktis. Lewat katering sehat, kamu dapat mengkonsumsi hidangan kaya nutrisi yang agak repot untuk dibuat sendiri, seperti ikan panggang dan tumis sayuran. Ditambah lagi, kamu tak akan direpotkan dengan piring kotor seusai pulang kerja. Beberapa katering sehat di artikel ini dapat menjadi pertimbangan.


Foto: https://www.bizbash.com/healthy-catering-miami-deliver-lean-healthy-meal-delivery-offers-menu-low-fat/gallery/109535#.WTT6A4HXfYU


 


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id