sign up SIGN UP

LIFE

Perlu Kamu Ketahui, Ini Gejala Kanker Hati Stadium Awal yang Mudah Dideteksi

Kiki Herlina | Rabu, 09 Oct 2019 07:00 WIB
Perlu Kamu Ketahui, Ini Gejala Kanker Hati Stadium Awal yang Mudah Dideteksi
caption
Ladies, kanker hati adalah jenis penyakit kanker yang bermula dari organ hati, dan bisa menyebar ke organ tubuh lainnya. Penyakit ini terjadi saat sel-sel di dalam hati bermutasi dan membentuk tumor. Ketahui gejala kanker hati stadium awal untuk pastikan kesehatanmu yuk!

Penyakit kanker hati, memang bisa menyerang siapa saja. Tidak mengenal jenis kelamin maupun usia. Salah satu hal yang membuat penyakit kanker hati menjadi tergolong berbahaya adalah tingkat pertumbuhannya yang cukup pesat dan jarak terdeteksi. Biasanya, pasien yang menderita kanker hati sudah masuk stadium tingkat parah ketika mengetahui penyakit tersebut.

Namun secara umum, tubuh menunjukkan setidaknya beberapa tanda yang mungkin sering kita abaikan. Jika kamu mengalami gejala-gejala ini, sebaiknya langsung periksakan ke dokter ya, Beautynesian!


1. Kulit dan Mata Berwarna Kuning


Foto: Istimewa

Mata dan kulit yang berubah warna menjadi kuning adalah gejala kanker hati stadium awal. Hal ini seharusnya bisa menjadi perhatian khusus bagi kamu. Warna kuning yang muncul merupakan sebuah tanda bahwa hati kamu sedang mengalami masalah. Maka dari itu, apabila gejala ini ada di tubuh kamu, sebaiknya segeralah periksa ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. 


2. Urine Berwarna Gelap


Foto: Istimewa

Gejala kanker hati selanjutnya adalah urine yang berwarna gelap. Hal ini merupakan refleksi dari organ hati yang sedang mengalami permasalahan. Alhasil, produksi kandungan bilirubin pada darah menjadi meningkat, dan mengeluarkan urine yang berwana cokelat atau gelap. Walaupun mengalami urine yang berwarna gelap, belum tentu terkena penyakit kanker hati. Namun setidaknya periksakan diri dulu ke dokter ya, Beautynesian



3. Perut Menjadi Kembung (Buncit), Mual dan Muntah


Foto: Istimewa

Kondisi seperti ini mungkin akan dianggap hanya masuk angin biasa. Namun, jika terjadi berkelanjutan, jangan dibiarkan, Ladies. Kamu harus periksakan ke dokter, karena perut yang kembung, mual dan muntah adalah salah satu indikasi adanya kanker pada hati kamu. Hal tersebut terjadi karena, adanya penumpukan cairan pada perut (Ascitis), serta pembengkakan pada hati, yang menyebabkan perut bisa menjadi buncit, mual bahkan sampai muntah. Dan itu semua merupakan gejala kanker hati stadium awal. 


4. Mudah Merasa Lelah


Foto: Istimewa

Pasien yang sudah terkena kanker hati, secara tidak sadar akan mengalami kondisi ini. Dimana, tubuh merasa lebih cepat lelah saat beraktivitas. Rasa lelah ini bisa terjadi dalam jangka panjang dan berulang-ulang. Jika gejala ini sudah terjadi, maka kamu perlu waspada. Mungkin saja ada gangguan yang terjadi pada organ hati kamu.


5. Berat Badan Menurun


Foto: Istimewa

Penurunan berat badan juga dikategorikan sebagai gejala kanker hati stadium awal lho, Ladies. Jadi jangan berbangga hati dulu, jika kamu memiliki tubuh yang kurus (langsing) ya. Karena biasanya, jika sel-sel kanker sudah tumbuh pada organ hati, maka metabolisme tubuh kamu akan lebih sering terganggu. Hasilnya, tubuh akan terus mengalami penurunan berat badan secara terus menerus. 


6. Gatal-gatal Pada Kulit


Foto: Istimewa

Terakhir adalah mengalami gatal-gatal. Penderita kanker hati, akan mengalami gatal-gatal pada kulit. Anehnya, gatal-gatal ini bisa dibilang tanpa sebab. Hal ini dikarenakan, produksi bilirubin yang terlalu berlebihan. Alhasil, kulit menjadi terasa gatal-gatal tanpa sebab. 


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id