sign up SIGN UP

LIFE

Posisi Tidur yang Tepat untuk Redakan Nyeri Punggung

Anggiputriw | Rabu, 11 Sep 2019 11:45 WIB
Posisi Tidur yang Tepat untuk Redakan Nyeri Punggung
caption
Pernahkah kamu merasakan punggung nyeri ketika bangun tidur? Rasanya punggung kaku dan sakit ketika digerakkan. Rasa sakit pada punggung itu ternyata disebabkan karena salah posisi tidur. Lalu bagaimana posisi tidur yang tepat agar terhindar dari nyeri punggung? Seperti ini penjelasannya.

1. Tidur Miring dengan Mengepit Guling di Lutut


Foto: https://www.mundotkm.com/

Tidur dengan posisi miring memang menjadi posisi yang disukai banyak orang karena terasa nyaman. Namun, ternyata posisi miring membuat punggung pada posisi bawah mendapat beban lebih berat yang bisa menyebabkan rasa sakit. Untuk mengurangi beban tersebut dan menghindari rasa sakit, menempatkan guling di antara kedua lutut bisa jadi solusi. Dengan begitu, beban tubuh tidak akan tertumpu lebih berat pada salah satu sisi punggung.


2. Tidur Telentang dengan Penyangga pada Lutut


Foto: https://www.mundotkm.com/

Posisi tidur untuk menghindari sakit punggung selanjutnya adalah telentang dengan penyangga di bawah lutut. Penyangga yang bisa digunakan bisa berupa guling kecil atau bantal yang tidak terlalu keras. Bantal yang diletakkan di bawah lutut bisa mempertahankan posisi alami punggung hingga lutut sehingga beban tidak tertumpu pada satu titik yang bisa menyebabkan nyeri punggung. Posisi ini bisa dipertahankan ketika tidur malam asal posisi kepala tetap lurus.


3. Tidur Tengkurap dengan Bantal di Bawah Perut


Foto: https://www.mundotkm.com/

Posisi tengkurap yang tidak tepat ketika tidur sangat rawan menyebabkan nyeri punggung. Jika tengkurap menjadi posisi favorit, kamu bisa menyiasatinya dengan meletakkan bantal di bawah perut. Dengan syarat, bantal yang digunakan tidak terlalu tebal agar posisi lekuk tubuh tetap terjaga. Menggunakan bantal tipis di bawah perut dan pinggul dapat mengoreksi sumbu tulang punggung.



4. Tidur dalam Posisi seperti Janin


Foto: https://www.mundotkm.com/

Tidur dalam posisi seperti janin sangat disarankan tidak hanya bagi penderita nyeri punggung, tapi juga bagi penderita saraf terjepit. Posisi ini memberikan kelegaan ketika tidur malam. Tidur dalam posisi seperti janin ini akan membentuk salah satu sisi tubuh dengan kedua lutut yang didekatkan pada dada sehingga akan mengurangi menekuknya tulang belakang dan membuka sendi-sendinya.


5. Tidur dalam Posisi Lurus


Foto: https://www.mundotkm.com/

Posisi ini juga dianggap posisi tidur yang nyaman. Tanpa penyangga apapun, tubuh lurus akan menghindarkan beban tertumpu pada satu titik terutama punggung. Kamu hanya perlu menggunakan bantal tipis untuk menyangga kepala. Bantal yang terlalu keras atau tinggi akan berisiko menyebabkan leher nyeri. Posisi ini akan semakin nyaman ketika tidur di atas kasur empuk yang bisa mengikuti bentuk alami punggung hingga lutut.


(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id