sign up SIGN UP

LIFE

Rangkaian Manfaat Lidah Buaya bagi Kulit hingga Sembelit

Fauziana Hilda | Senin, 13 Jan 2020 10:00 WIB
Rangkaian Manfaat Lidah Buaya bagi Kulit hingga Sembelit
caption
Lidah buaya dikenal sebagai tanaman yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Mulai dari perawatan kulit, perawatan rambut, bahkan sampai obat alami untuk sembelit. Simak beberapa manfaat lidah buaya berikut, yuk!
Aloe vera atau lidah buaya sejak zaman dahulu sudah dikenal sebagai tanaman yang memiliki banyak manfaat, seperti perawatan kulit, perawatan rambut dan dijadikan sebagai pengobatan tradisional. Di Indonesia sendiri sudah banyak pengobatan yang menggunakan lidah buaya sebagai bahan dasar dalam pembuatannya. Simak beberapa manfaat lidah buaya berikut yuk!

Mengobati Luka Bakar


Image Source: https://www.freepik.com/

Lidah buaya ampuh untuk membantu menyembuhkan luka bakar di kulit. Lidah buaya termasuk sebagai tanaman yang bisa jadi obat topikal yang efektif untuk luka bakar tingkat pertama dan kedua. Cara menggunakannya sangat mudah, kamu tinggal oleskan gel lidah buaya pada bagian kulit yang terkena luka bakar. Lakukan secara rutin agar luka mengering dan sembuh.


Mengurangi Sembelit


Image Source: https://www.freepik.com/

Siapa sangka tanaman berwarna hijau dan bertekstur gel ini ternyata juga sering digunakan untuk mengobati sembelit. Bagian lidah buaya yang bisa digunakan sebagai obat bukan gel, tetapi lateks. Lateks adalah residu kuning lengket yang ditumukan tepat di bawah kulit daun lidah buaya. Aloin atau barbaloin yang merupakan senyawa utama dalam tanaman ini bisa memberikan efek pencahar yang sudah terbukti.

Kandungan serat yang cukup tinggi dalam lidah buaya juga bisa memperlancar pencernaan dalam tubuh kamu, lho. Sementara kandungan nutrisi dalam lidah buaya mampu membantu menyerap protein pada makanan lain yang bisa melancarkan fungsi usus dalam proses pencernaan. Lidah buaya juga ampuh untuk mengatasi sembelit, wasir atau ambeien, radang usus dan juga kanker usus besar.

Detoksifikasi


Image Source: https://www.freepik.com/

Manfaat lainnya dari lidah buaya adalah detoksifikasi. Kandungan protein dalam lidah buaya mampu menetralkan racun yang ada pada tubuh manusia. Caranya adalah dengan mengolah lidah buaya menjadi bahan makanan atau minuman. Agar khasiat dari lidah buaya dapat terasa, kamu bisa mengkonsumsinya setiap hari secara teratur. 


Membantu Menurunkan Berat Badan


Image Source: https://www.freepik.com/

Mengonsumsi lidah buaya saat melakukan program diet dapat menjadi alternatif pilihan yang cukup baik. Adanya protein pada tanaman lidah buaya mampu mencukupi kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Selain itu, kandungan karbohidrat di dalamnya juga aman untuk kamu yang sedang menjalani program diet. Kandungan seratnya juga membantu melancarkan buang air besar, membuang racun-racun dalam tubuh.

(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id