sign up SIGN UP

LIFE

Resep Lumpia Semarang, Makanan Khas Jawa Tengah yang Bisa Kamu Coba di Rumah

Anindya Milagsita | Sabtu, 16 Feb 2019 05:30 WIB
Resep Lumpia Semarang, Makanan Khas Jawa Tengah yang Bisa Kamu Coba di Rumah
caption
Ladies, Jawa Tengah dikenal memiliki berbagai macam kuliner yang selalu menggoda untuk dicicip. Salah satu makanan khas Jawa Tengah yang paling dikenal adalah lumpia Semarang. Jika lumpia pada umumnya berisikan sayuran berupa wortel dan tauge, lumpia khas Kota Semarang memiliki ciri khas isinya berupa rebung. Tak perlu jauh-jauh ke Kota Semarang ladies untuk menikmati lumpia ini. Kamu bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah lho. Dijamin mudah dan rasanya enak. Nah, berikut makanan khas Jawa Tengah dan resepnya!

Siapkan Bahan-Bahan


Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat lumpia Semarang. Bahan-bahan yang diperlukan antara lain (1) 1/4 rebung muda, jika kamu kesulitan mendapatkan rebung kamu bisa menggantinya dengan bengkoang (2) 1/4 fillet ayam, cincang halus (3) kulit lumpia yang sudah jadi, kamu bisa membelinya di supermarket (4) 1 sdm saus tiram (5) 2 sdm kecap manis (6) 2 buah telur ayam (7) minyak untuk menumis.


Foto: https://www.masakapahariini.com/

Selain itu kamu harus menyiapkan juga bahan untuk bumbu halus berupa (1) 1/2 sdm lada (2) 1/2 sdm ketumbar (3) 10 siung bawang merah (4) 5 siung bawang putih (6) 1 buah bawang bombai cincang halus.


Rebus Rebung Hingga Sedikit Melunak


Kemudian rebung yang sudah dikupas dan dicuci bersih direbus ke dalam panci hingga teksturnya sedikit melunak. Ladies, terkadang kita kesulitan untuk merebus rebung, karena apabila salah dalam memasaknya rebung bisa terasa pahit bahkan berbau tidak enak. Nah agar hal tersebut tidak terjadi kamu bisa merendam rebung yang masih mentah menggunakan larutan garam selama 30 menit. Setelah itu cuci bersih dan rebus rebungnya. Lalu setelah rebung sudah matang, kamu bisa meniriskan dan mencucinya lagi. Rebung pun siap untuk diolah menjadi isian lumpia. 
Foto: https://3.bp.blogspot.com/

Ohiya ladies, jangan merebus rebung terlalu lama hingga empuk yah. Hal tersebut akan mengurangi cita rasa sekaligus tektur renyah dari rebung. Jadi pada saat merebusnya jangan lupa untuk sering-sering mengecek yah. 



Tumis Bumbu dan Masukkan Rebung, Ayam, serta Telur


Kemudian tumis bawang bombai sampai layu, lalu masukan bumbu halus yang telah disiapkan. Tumis hingga wangi (sisihkan diwajan). Selanjutnya kamu bisa menumis ayam hingga berubah warna menjadi putih, lalu masukan telur buat orak arik.


Foto: https://i.ytimg.com/

Selanjutnya kamu bisa langsung memasukkan rebung ke dalam wajan berisikan bumbu yang telah ditumis tadi. Masukkan juga tumisan ayam beserta telur. Kemudian tambahkan daun bawang, kecap manis, saus tiram, kecap asin, garam, gula dan aduk rata hingga air menyusut. 


Beri Isian Pada Kulit Lumpia, Lalu Gulung-gulung Lumpianya


Siapkan kulit lumpia dan juga isian rebung yang sudah jadi. Siapkan juga satu butir telur yang disisihkan kuning telurnya saja, kocok dan gunakan untuk bahan perekat. Beri isi kulit lumpia dengan isian rebung yang tadi dibuat, gulung, dan beri perekat agar tidak terbuka. 


Foto: https://media-cdn.tripadvisor.com/

Goreng Lumpia, Angkat dan Tiriskan


Siapkan wajan dan beri minyak goreng, lalu panaskan. Setelah minyak sudah dirasa panas, masukkan gulungan lumpia ke dalam wajan. Goreng hingga lumpia berubah warna menjadi keemasan. Kemudian angkat dan tiriskan. Nah lumpia Semarang pun sudah siap untuk dihidangkan, ladies. 


Foto: https://lumpiagorengsolo.files.wordpress.com/

Nah itu tadi resep membuat lumpia Semarang makanan khas Jawa Tengah, ladies. Selain mudah untuk dicoba di rumah, rasanya dijamin maknyus banget. Kamu tertarik mencobanya di rumah?


(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id