sign up SIGN UP

LIFE

Resep Makanan Praktis yang Bisa Dicoba Saat Pandemi ala Devina Hermawan

aqillahdiaz | Senin, 15 Feb 2021 13:15 WIB
Resep Makanan Praktis yang Bisa Dicoba Saat Pandemi ala Devina Hermawan
caption

Adanya pandemi covid-19 mengubah banyak aktivitas banyak orang, terutama bagi yang melakukan pekerjaan dari rumah atau work from home. Salah satu aktivitas yang bisa dilakukan adalah memasak. Memasak menjadi salah satu aktivitas yang banyak dilakukan di saat pandemi.

Selain itu, memasak sendiri juga menghemat pengeluaran dan kebersihannya juga lebih terjamin. Banyak orang yang mencoba berbagai resep makanan dengan melihat tutorial di youtube maupun di platform lain. Tentunya, orang juga akan memasak dengan menggunakan bahan yang sederhana dan mudah didapat. Nah, berikut ini adalah resep makanan praktis yang bisa kalian praktikkan di rumah ala Devina Hermawan.

Tahu Telur Asin

Tahu Telur Asin (sumber : youtube.com/DevinaHermawan)
Tahu Telur Asin (sumber : youtube.com/DevinaHermawan)

Tahu adalah salah satu bahan makanan yang bisa didapat dengan mudah dan tentunya murah. Kalian bisa mencoba untuk mengolah tahu dengan berbagai bumbu. Nah, kali ini kalian bisa menggunakan telur asin sebagai pelengkap tahu kalian. Tahu Telur Asin atau Salteg Egg Tofu adalah makanan yang identik di rice bowl dan juga bumbu salteg egg ini banyak disukai. Mau tahu resepnya? Yu, ikuti langkahnya!

Pertama, siapkan tahu yang sudah dipotong dadu dan balurkan ke dalam telur yang sudah dibumbui lalu masukkan ke dalam adonan tepung maizena. Jika sudah, goreng tahu dengan minyak panas dan tunggu hingga warnanya kuning keemasan, lalu diangkat.

Setelah menggoreng tahu, kalian bisa membuat bumbu telur asin. Untuk saus salteg egg, panaskan minyak lalu masukkan kuning telur asin sambil dihancurkan. Masukkan bawang putih, cabai rawit, dan daun kari, serta masukkan mentega dan susu. Setelah wanginya terasa, masukkan tahu yang sudah digoreng dan jangan lupa beri bumbu sebagai perasa ya.

Hidangan ini sangat cocok bila disajikan saat baru matang dan dengan nasi panas. Mudah bukan buatnya?

Nasi Telur Mentai Ala Jepang

Nasi Telur Mentai Ala Jepang (sumber : youtube.com/DevinaHermawan)
Nasi Telur Mentai Ala Jepang (sumber : youtube.com/DevinaHermawan)

Simpel, enak, dan murah Nasi Telur Mentai ala Jepang bisa kalian coba nih. Mentai adalah makanan Jepang yang bahan utamanya adalah telur ikan tarako atau ikan pollock. Namun, resep ini tidak menggunakan kedua ikan tersebut karena jarang ada di Indonesia.

Untuk membuat saus mentainya, kalian harus mencampurkan bawang bombai, bawang putih, cuka, gula pasir, kaldu jamur, saus sambal, dan mayones. Kemudian aduk rata dan diamkan selama lima menit.

Setelah membuat saus,  goreng telur hingga matang. Untuk membuat lebih fluffy, kalian bisa menggunakan 2-3 butir telur. Setelah telur matang, sajikan telur di atas nasi, kemudian tuang saus mentai di atasnya. Tidak lupa juga gunakan torch agar terlihat lebih sedap, serta sajikan dengan nori dan daun bawang serta wijen. Resep ini wajib kalian coba, meskipun simple tetapi rasanya sangat spesial!

Ayam Kemangi Pad Kra Pao 

Ayam Kemangi Pad Kra Pao (sumber : youtube/DevinaHermawan)
Ayam Kemangi Pad Kra Pao (sumber : youtube/DevinaHermawan)

Resep yang satu ini adalah makanan khas Thailand. Hidangan ini memiliki citarasa yang unik dengan paduan dari daging ayam dan tentunya aroma kemangi yang menjadi pelengkap hidangan ini. Pertama, tumis bawah putih dan cabai rawit hingga wangi, lalu masukkan ayam dan diaduk.

Masukkan bumbu-bumbu seperti saus tiram, dark soy sauce, kecap ikan, gula, kaldu jamur, cabai keriting, dan bawang merah lalu aduk hingga merata. Setelah itu tunggu hingga matang dan jangan lupa cicipi. Hidangan ini cocok disajikan dengan telur goreng dan nasi panas. Oh ya, kalian juga bisa menambahkan jeruk limau sebagai pelengkap, lho.

Tempe Katsu Saus Asam Pedas

Tempe Katsu Saus Asam Pedas (sumber : youtube/DevinaHermawan)
Tempe Katsu Saus Asam Pedas (sumber : youtube/DevinaHermawan)

Chicken katsu adalah menu populer di berbagai tempat. Kali ini katsu yang dibuat menggunakan bahan utama tempe, sehingga lebih praktis dan ekonomis. Yuk, simak resepnya!

Pertama potong tempe dengan ukuran balok, lalu pipihkan tempe. Kemudian, buat adonan basah dengan campuran bawang putih, garam, tepung terigu, merica, kaldu , gula dan santan. Setelah itu, celupkan tempe ke adonan basah dan masukkan ke tepung roti. Pastikan permukaan tempenya terlumuri tepung dengan sempurna dan goreng hingga kuning keemasan. 

Untuk sausnya, tumis bawang bombai dan bawang putih lalu masukkan saus barbaque, saus tiram, kecap inggris, saus sambal, dan minyak wijen ke dalam pan. Tambahkan air dan kaldu. Tunggu hingga saus mengental. Setelah jadi, Tempe Katsu Saus Asam Pedas siap disajikan. Bahan dan cara buatnya sangat simpel, bukan?

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id