sign up SIGN UP

LIFE

Selain Aman, Jamu ini Memiliki Banyak Khasiat!

Retno Wulandari | Sabtu, 12 Oct 2019 11:10 WIB
Selain Aman, Jamu ini Memiliki Banyak Khasiat!
caption
Jamu merupakan menu tradisional asli Indonesia. Memanfaatkan tanaman herbal dan rempah pilihan membuat minuman ini aman dikonsumsi dan memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan. Karena alasan inilah yang membuat minuman tradisional ini masih bisa kita jumpai.

1. Beras Kencur


Foto: Istimewa

Ladies, jamu yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi bagi kita. Seperti namanya, jamu ini menggunakan bahan alami berupa ekstrak kencur, beras, ekstrak jahe, dan ekstrak asam. Rasanya menghasilkan perpaduan manis dan segar.

Khasiat jamu beras kencur antara lain: menghilangkan pegal linu, meningkatkan stamina, dan menambah nafsu makan. Nah, jika kamu memiliki permasalahan berat badan yang tidak kunjung naik, konsumsilah jamu beras kencur untuk menambah nafsu makan kamu.
 


2. Kunyit Asam


Foto: Istimewa

Jamu yang menggunakan bahan dasar dari kunyit, asam jawa, gula merah, temulawak dan rempah pilihan ini sangat banyak dicari, hal ini ditandai dengan kemunculan beberapa produk jamu kunyit asam dalam bentuk sachet.
Kunyit memiliki kandungan antioksidan yang dapat membantu meremajakan sel-sel di tubuh. Selain itu, khasiat lain dari jamu kunyit asam ialah mengatasi sakit perut akibat datang bulan, mencerahkan kulit, dan cocok untuk kamu yang tengah menjalankan program diet.
 


3. Temulawak


Foto: Istimewa

Jamu yang satu ini menggunakan bahan dasar temulawak, asam jawa, gula aren, daun pandan serta jinten. Jamu ini memiliki khasiat menghilangkan gejala masuk angin. Khasiat lain dari jamu ini ialah mengatasi rasa mual dan menghilangkan sakit kepala.
 


4. Sinom


Foto: Istimewa

Tampilan jamu sinom sekilas mirip dengan jamu kunyit asam. Namun keduanya memiliki perbedaan dari bahan dasarnya, ya. Sesuai dengan namanya, jamu ini berbahan dasar sinom atau daun asam yang masih muda kemudian ditambah temulawak, kunyit, kapulaga, kayu manis, pala, gula merah dan gula pasir.
Terbuat dari beberapa tanaman herbal, jamu ini memiliki banyak khasiat, lho! Jamu sinom dipercaya dapat mengatasi peradangan lambung atau sakit maag, dan dapat mengatasi permasalahan keputihan pada wanita, Ladies.
 


5. Sambiloto


Foto: Istimewa

Sambiloto atau jamu pahitan merupakan jamu yang memiliki rasa paling pahit di antara jamu lainnya. Menggunakan bahan dasar sambiloto dan terkadang ditambah dengan bahan pahit lainnya seperti brotowali. Meskipun memiliki rasa yang pahit, jamu ini memiliki banyak khasiat, mulai dari mengatasi pegal-pegal, menambah nafsu makan, mencegah risiko diabetes, dan dapat mengatasi jerawat.
 


6. Kudu Laos


Foto: Istimewa

Kudu laos menggunakan bahan dasar laos yang ditumbuk bersama rempah pilihan lalu direbus. Jamu ini memiliki rasa segar dan memberikan sensasi hangat pada tubuh. Jamu kudu laos memiliki khasiat, antara lain mengatasi kembung dan meredakan demam.
 


7. Galian Singset


Foto: Istimewa

Jamu galian singset terbuat dari kencur, temulawak, kunyit, asam jawa, kayu manis, merica, laos, serai, cengkeh, kapulaga, ketumbar dan beberapa rempah tradisional lainnya. Jamu ini menjadi pilihan utama bagi kaum wanita, karena dipercaya dapat mengatasi permasalahan pada miss V, seperti mengatasi keputihan, menjaga kesehatan organ kewanitaan, serta dapat mengencangkan miss V kamu, Ladies.
 


(ags/ags)

Our Sister Site

mommyasia.id