sign up SIGN UP

LIFE

Ssst, Ini Fakta Kutu Rambut Manusia yang Bikin Melongo!

Dyah Na | Rabu, 16 Jan 2019 04:00 WIB
Ssst, Ini Fakta Kutu Rambut Manusia yang Bikin Melongo!
caption
Punya rambut yang sehat dan cantik pastinya jadi impian semua wanita. Tapi pernah enggak sih Ladies, kamu bertemu dengan orang yang rambutnya kutuan? Selain bikin rambut gatal, ternyata ada beberapa fakta kutu rambut manusia yang bisa bikin melongo! Apa saja ya? Simak yuk!

Penyebab Kutu Rambut


Foto: https://www.liceclinicsofamerica.com

Rambut kutuan adalah masalah rambut yang bisa dengan mudah menular. Biasanya kalau ada salah satu teman atau keluarga yang kutuan, besar kemungkinan rambut kamu bisa tertular juga. Kutu rambut bisa menular melalui penggunaan sisir, jepit rambut, hingga handuk yang sama. Tapi ngerinya lagi, ternyata kutu rambut manusia bisa "loncat" dan pindah ke kepala orang lain. Terlebih lagi, kalau kamu tidur di satu ruangan dengan bantal yang sama.

 


Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami dan Permanen


Foto: https://www.healthline.com

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan kutu rambut secara alami dan permanen.

Memakai Sisir Rambut Kutu
Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan kutu rambut manusia adalah dengan menggunakan sisir rambut khusus. Sisir rambut kutu punya jarak antargigi yang lebih rapat, sehingga bisa mengangkat kutu dari kepala agar lebih mudah dimusnahkan. Tapi, cara ini ternyata tidak efektif untuk menghilangkan telur kutu yang berukuran sangat kecil.

Menggunakan Obat Kutu
Saat ini kamu tidak perlu repot karena obat kutu banyak dijual di apotek. Obat kutu biasanya sudah diformulasikan untuk bisa menghilangkan bukan hanya kutu, namun juga telur kutu yang terdapat di rambut. Ketika menggunakan obat kutu, sebaiknya jangan terburu-buru untuk keramas ya Ladies. Hal ini disebabkan agar obat yang kamu gunakan tidak hilang terbilas shampoo.

 


Bahaya Kutu Rambut


Foto: https://www.allure.com

Kutu rambut manusia sebenarnya tidak menimbulkan bahaya yang bisa mengancam keselamatan. Hanya saja, rasa gatal yang ditimbulkan bisa sangat mengganggu dan membuat jadi tidak nyaman. Bekas gigitan kutu rambut manusia dapat menimbulkan ruam merah yang gatal. Ketika digaruk, kulit kepala bisa terluka dan menimbulkan iritasi. Selain itu, rasa gatal akibat kutu rambut manusia bisa mengganggu jam tidur sehingga badan menjadi lebih mudah lelah.


(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id