sign up SIGN UP

LIFE

Stop Main Handphone di Tempat Gelap, Ini Bahayanya!

Mei Hidayah | Kamis, 13 Feb 2020 10:01 WIB
Stop Main Handphone di Tempat Gelap, Ini Bahayanya!
caption
Handphone menjadi salah satu benda yang tak dapat lepas dari kehidupan manusia saat ini. Bahkan menjelang tidur pun seseorang pun masih belum terlepas dari handphonenya meskipun dalam ruangan yang gelap. Lalu, tahukah kamu bahaya yang ditimbulkan jika bermain handphone di tempat yang gelap? Satu hal yang jelas, hal ini tidak baik untuk kesehatanmu. Yuk, simak bahaya bermain handphone terlalu lama di ruangan yang gelap!

Merusak Retina pada Mata


Dampak bermain handphone terlalu lama pada ruangan yang gelap tentu berdampak langsung pada matamu. Meskipun sudah mengetahui bahayanya, akan tetapi masih saja diabaikan. Tahukah kamu? Layar handphone dapat memancarkan sinar biru atau blue light. Sinar ini tergolong sebagai high-energy visible light (HEV), yaitu sinar tampak dengan panjang gelombang yang relatif pendek (415 – 155 nanometer) dan tingkat energi tinggi. Paparan cahaya pada layar handphone ini dapat merusak retina pada matamu lho! 
Foto: Istimewa


 


Menyebabkan Kanker Payudara


Dampak bermain handphone yang terlalu lama pada ruangan yang gelap memang sangat berbahaya bagi kesehatan manusia. Dampak lain yang membahayakan tubuh adalah menyebabkan kanker payudara pada wanita.

Paparan sinar biru yang berasal dari layar smartphone kamu juga dapat meningkatkan risiko kanker payudara hingga 17 persen. Risiko kanker tersebut terjadi karena cahaya biru menekan produksi melatonin atau hormon yang berfungsi untuk menidurkan sel-sel kanker. Akan tetapi jika kamu sering bermain handphone, hal ini justru dapat meningkatkan produksi hormon estrogen yang memicu kanker payudara.
Foto: Istimewa


 


Otak Menjadi Semakin Lelah


Setelah beraktivitas seharian, alangkah lebih baiknya jika saat malam hari kita harus beristirahat. Jika kamu tetap memaksakan bermain handphone saat menjelang tidur dengan suasana ruangan yang gelap tentu sangat berbahaya untuk kesehatanmu. Bahaya bermain handphone terlalu lama di ruangan yang gelap justru akan membuat otakmu semakin melemah lho!

Saat tubuhmu tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup, maka otakmu pun akan melemah. Hal ini menyebabkan daya ingat akan menurun. Jadi, kamu akan menjadi pelupa akibat dari dampak bermain handphone di tempat yang gelap.
Foto: Istimewa


 


Terganggunya Saraf pada Tubuh


Dampak bermain handphone yang terlalu lama di tempat yang gelap juga dapat menggangu saraf-saraf dalam tubuhmu. Bagaimana tidak, seringnya bermain handphone saat malam hari menjelang tidur ditambah lagi degan kondisi ruangan yang gelap tentu akan sangat merugikanmu bukan? 

Hal ini ternyata juga dapat membuat neurotoxin meningkat. Akibatnya, saraf-saraf tubuhmu akan terganggu jika kebiasaan kurang baik ini selalu kamu lakukan secara terus menerus. Bahaya bermain handphone terlalu lama memang tidak baik, jadi kontrol lah waktu yang tepat agar kesehatanmu tetap terjaga dengan baik. 
Foto: Istimewa

Nah, itulah bahaya bermain handphone terlalu lama di ruangan yang gelap. Jika kamu membiasakan hal ini sebelum tidur, kesehatanmu akan terganggu lho! Lebih baik jika kamu mengurangi waktu bermain handphone di ruangan yang gelap dan dalam waktu yang lama. Karena dampak bermain handphone sedang mengintaimu!
(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id