sign up SIGN UP

LIFE

Tak Hanya Turunkan Berat Badan, Ini 5 Manfaat Penting Lainnya dari Teh Putih

Ade Suryani | Sabtu, 04 Apr 2020 06:30 WIB
Tak Hanya Turunkan Berat Badan, Ini 5 Manfaat Penting Lainnya dari Teh Putih
caption
Meskipun teh putih tidak sepopuler dengan teh hijau atau teh lainnya, tetapi teh ini mempunyai banyak manfaat lho untuk tubuh, salah satunya dalam menurunkan berat badan.

Melansir dari detik.com, teh putih berasal dari tanaman teh yang sama seperti pada umumnya. Namun yang membedakan adalah teh ini dipanen saat pucuknya masih sangat muda dan masih kuncup. Daun teh ini juga masih diselimuti rambut halus berwarna putih dan dipetik hanya 2-3 helai pucuk teratas saja. 

Daun teh yang dipetik ini kemudian dilayuhkan selama 72 jam lalu dikeringkan untuk mencegah oksidasi. Proses yang cepat inilah yang membuat nutrisi di dalam teh tersebut masih terjaga. Teh ini diketahui dapat menurunkan berat badan lho. Selain itu, juga mempunyai beberapa manfaat penting lainnya. Berikut ulasannya.


Foto: Istimewa

1. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung




Foto: https://freepik.com

Penyakit jantung bisa disebabkan oleh gaya hidup yang tak teratur, pola makan yang buruk dan kurangnya olahraga. Nah, ternyata teh putih yang mengandung polifenol ini diketahui sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa polifenol bisa mencegah kolesterol jahat yang menjadi penyebab penyakit jantung.
​​​
Oleh karena itu Ladies, cobalah untuk mengonsumsi teh putih hangat tanpa tambahan apapun ya!


2. Menurunkan Berat Badan




Foto: https://freepik.com

Bagi kamu yang sedang melakukan program diet, teh putih ternyata bisa membantu dalam menurunkan berat badan lho. Adanya senyawa epigallocatechun gallate dalam teh putih dianggap memberikan efek besar pada proses pembakaran lemak dalam tubuh. Apalagi sebuah studi juga menunjukkan bahwa ekstrak teh putih mampu merangsang proses pemecahan lemak.

Teh putih juga diketahui mampu meningkatkan metabolisme hingga 4-5 persen. Hal ini sama seperti membakar 70-100 kalori ekstra per hari lho. Jadi, jangan lupa untuk mengonsumsi teh putih di pagi dan sore hari Ladies, agar berat badanmu bisa turun lebih cepat.


3. Mencegah Osteoporosis




Foto: https://freepik.com

Ternyata teh putih diketahui mampu melindungi tulang dari osteoporosis. Hal ini juga dibuktikan dari hasil penelitian yang menunjukkan bahwa kandungan nutrisi pada teh putih dapat membantu melawan pengeroposan tulang. Selain itu, teh putih juga dapat mendorong rangsangan pertumbuhan tulang. 

Selain mengonsumsi teh putih secara rutin, kamu juga perlu menjaga kesehatan tulang dengan mengonsumsi makanan yang tinggi kalsium lho Ladies. Jangan lupa juga, untuk rajin berolahraga agar tulangmu tetap kuat dan padat.


4. Mencegah Kanker




Foto: https://freepik.com

Seperti disebutkan diawal bahwa teh putih mengandung polifenol. Polifenol ini dikenal dengan sebutan katekin. Zat ini sendiri termasuk molekul nabati yang berperan sebagai antioksidan dalam tubuh. Antioksidan ini diketahui dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel.

Salah satu dari sekian yang menjadi penyebab kerusakan sel adalah radikal bebas yang membuat banyak masalah kesehatan, termasuk penyebab kanker. Sementara itu, hasil penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Inflammation menyebutkan bahwa katekin dalam teh putih dapat membantu mencegah kanker. 


5. Mencegah dari Pikun




Foto: https://freepik.com

Kandungan nutrisi pada teh putih terbukti dapat membantu melawan Parkinson dan Alzheimer. Sementara itu, meminum teh putih secara rutin dapat membantu mencegah pengumpalan protein pada otak. Proses pengumpalan protein ini diketahui dapat bisa merusak saraf di otak. Jika hal ini terus dibiarkan, maka bisa berakibat pada kerusakan otak. Hal ini akan membuat seseorang menjadi terkena Parkinson dan Alzheimer.

Oleh karena itu Ladies, tetap selalu menjaga kesehatanmu, salah satunya dengan membiasakan rutin mengonsumsi teh putih. 


(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id