sign up SIGN UP

LIFE

Takut Berat Badan Naik Pasca Lebaran? Tenang, Ini Cara Jitu Mengantisipasinya!

Andi Mardana | Minggu, 25 Jun 2017 08:30 WIB
Takut Berat Badan Naik Pasca Lebaran? Tenang, Ini Cara Jitu Mengantisipasinya!
caption
Tinggal berapa hari lagi umat muslim merayakan Idul Fitri. Lebaran 2017 berbagai makanan lezat siap memanjakan lidah kamu, tapi kamu harus tetap waspada. Ingat, makan berlebihan pasca lebaran 2017 bisa membuat berat badan naik. Dan ini akan membuat kamu kurang percaya diri. Kelebihan berat badan akan berisiko terkena berbagai macam penyakit utamanya diabetes.

1. Makan dengan Porsi Kecil


Akan ada banyak variasi makanan saat lebaran 2017 nanti. Kamu pasti tidak ingin melewatkannya. Kamu masih bisa menikmati semua makanan tapi dalam porsi kecil. Kurangi masing-masing makanan yang kamu ambil kedalam piring. Selain itu kamu juga harus menghindari kue-kue kering dan cake karena kaya akan lemak dan kalori.


Foto: https://www.mandiriyes.com/wp-content/uploads/2015/04/porsi-kecil.jpg


 


2. Kontrol Asupan Kalori


Banyak orang mengalami over weigh setelah berpuasa dan lebaran. Hal ini akan terjadi apabila kamu tidak mengontrol yang baik terhadap jumlah kalori yang masuk dalam tubuh. Sesuaikan kebutuhan kalori dengan asupan kalori yang dikonsumsi.


Foto: https://images.detik.com/visual/2015/06/30/f5c88c94-fe5d-444a-923e-15183361061a_43.jpg?w=500


 


3. Konsumsi Sayur dan Buah


Sayur dan buah mengandung banyak serat dan berfungsi mengikat kalori. Konsumsi sayur dan buah 2-3 porsi sehari. Konsumsi sayur setidaknya 400 gram per hari dan berbeda warna. Sayur dan buah yang berbeda warna memiliki kandungan nutrisi yang berbeda juga sehingga kebutuhan nutrisi harian kamu terpenuhi.


Foto: https://s3-ap-southeast-1.amazonaws.com/nakita-id-assets/media/article_image/cover/original/133-daftar-buah-untuk-menurunkan-berat-badan-secara-cepat.jpghttps://s3-ap-southeast-1.amazonaws.com/nakita-id-assets/media/article_image/cover/original/133-daftar-buah-untuk-menurunkan-berat-badan-secara-cepat.jpghttps://s3-ap-southeast-1.amazonaws.com/nakita-id-assets/media/article_image/cover/original/133-daftar-buah-untuk-menurunkan-berat-badan-secara-cepat.jpg


 


4. Minum Air Putih 8 Gelas


Air sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, air putih sering digunakan untuk terapi kesehatan dan diet. Konsumsi air putih 8 gelas per hari atau 1,8 liter. Minum air putih bisa membuang racun dalam tubuh dan menyehatkan kulit.


Foto: https://soloposfm.com/assets/dokumen//2016/03/Minum-Air-Putih.jpg


 


5. Aktivitas Fisik Olahraga Ringan


Olahraga seringkali terlupakan saat Lebaran. Untuk tetap memiliki tubuh langsing ideal selain pola makan kamu juga harus rutin olahraga. Olahraga berguna untuk membuang racun-racun yang bersarang di tubuh. Aktivitas fisik yang rutin satu-satunya cara membakar kalori berlebih dalam tubuh. Cukup luangkan waktu berjalan keliling kompleks selama 30 menit di pagi hari.


Foto: https://macampenyakit.com/wp-content/uploads/2015/01/Karbohidrat-sumber-energi.jpg
(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id