sign up SIGN UP

LIFE

Teh Celup Bekas Ternyata Ada Manfaatnya, Lho! Ada Apa Saja?

Intan Dwi | Rabu, 27 Nov 2019 14:00 WIB
Teh Celup Bekas Ternyata Ada Manfaatnya, Lho! Ada Apa Saja?
caption
Kalian pasti sering minum teh, dan ampasnya langsung kamu buang? Padahal ampas teh ini banyak manfaatnya, lho! Daripada ampasnya kamu buang, lebih baik kamu gunakan untuk hal yang bermanfaat.

Kemasan yang dibungkus dalam sejenis kertas tipis ini memang begitu praktis dan lebih mudah diseduh, bahkan untuk satu cangkir kecil sekali pun. Sisa ampas dari teh celup ternyata memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Ada apa aja sih manfaatnya? Simaklah lima manfaat ampas teh celup ini.
 


Menghilangkan Komedo


Foto: Istimewa

Kamu pasti risih saat hidung muncul banyak komedo, untuk membasminya kamu bisa gunakan teh celup bekas di area hidungmu. Caranya, keluarkan ampas teh dari kantung dan campur dengan sedikit madu kemudian aduk sampai merata. Sebelum dioleskan alangkah baiknya kamu usapkan air hangat ke area yang akan di oleskan, hal ini dilakukan agar pori-pori hidung terbuka.

Kemudian oleskan pada hidungmu secara merata, diamkan selama 15 menit agar nutrisi dalam madu dan ampas teh meresap ke kulit lalu bilas dengan air hangat setelah bersih lalu cuci muka dengan air biasa agar pori-pori di hidung tertutup kembali.
 


Menghilangkan Bau ketiak


Foto: Istimewa

Pasti kamu pernah mencium bau ketiak yang tidak sedap, kan? Nah, teh celup bekas ini bisa membantu kamu menghilangkan bau ketiak kamu. Caranya, gosokkan ampas teh celup basah ke area ketiak dan lakukan setiap hari agar bau ketiakmu hilang.
 



Pelembap Rambut


Foto: Istimewa

Rendam bekas teh celup kembali di dalam air hangat sampai air berubah warna dan suhunya menjadi lebih dingin. Gunakan air teh tersebut untuk untuk bilasan terakhir saat sedang keramas lalu diamkan beberapa saat baru dibilas kembali dengan air. Tidak hanya melembapkan, namun kandungan dalam bekas teh celup ini juga sangat baik untuk mengatasi rambut bercabang serta rontok.
 


Menghilangkan Bau pada Kaki


Foto: Istimewa

Menghilangkan bau pada kaki juga bisa menggunakan ampas dari teh celup, dengan cara mengeluarkan ampas teh celup, lalu dicampur dengan air dingin dan rendam kaki sekitar 5 menit. Kandungan zat-zat baik pada teh akan membunuh bakteri yang menyebabkan bau pada kaki sekaligus menutupi pori-pori pada kaki. Lakukan setidaknya satu minggu sekali.
 
 
 


Mengencangkan dan Mengenyalkan Kulit Wajah


Foto: Istimewa

Hampir semua orang menginginkan kulit wajah yang kencang dan kenyal, terutama untuk para wanita. Untuk mendapatkan hal seperti ini, biasanya mereka menjaga kesehatan kulit wajah dengan melakukan perawatan yang rutin. Tapi kalau Beautynesian mau pakai bahan alami untuk merawat kulit wajah, kamu bisa menggunakan ampas teh untuk mengencangkan kulit wajah.

Caranya, ambil satu kantong teh celup yang sudah terpakai lalu keluarkan sisa ampas tehnya kemudain usapkan ke wajah secara merata dan diamkan semalaman. Jangan lupa untuk membilasnya keesokan hari dengan air hangat.
 


(ags/ags)

Our Sister Site

mommyasia.id