sign up SIGN UP

LIFE

Teknik Makan yang Efektif Menuju Diet Sukses!

Heldi Winar | Sabtu, 20 Jun 2015 10:00 WIB
Teknik Makan yang Efektif Menuju Diet Sukses!
caption
Apakah Minasan pernah terpikir bahwa ada teknik makan yang baik agar diet sukses? Diet bukan hanya mengatur porsi makan, tapi tentang apa yang dimakan dan kapan memakannya. Baca artikel yang satu ini agar makan menjadi kegiatan yang efektif menunjang diet Minasan! Penasaran?

1. Selesaikan makan 3 jam sebelum tidur


Jangan biasakan makan terlalu malam karena kebiasaan makan malam-malam dan langsung tidur justru akan menghancurkan dietmu. Selain dari sisi kecantikan, langsung tidur setelah makan juga tidak baik dari sisi kesehatan. Selain menaikkan gula darah dalam tubuh, juga bisa menimbulkan kemungkinan penyakit seperti penyakit lambung dan stroke.
Foto: https://www.webmd.com/sleep-disorders/ss/slideshow-sleep-foods

2. Makan sesuai urutannya


Ternyata urutan makan bisa menjadi rahasia di balik makan yang enggak bikin tubuh gemuk! Cobalah makan dengan urutan seperti ini dalam sehari:

Pagi: nasi atau roti
Siang: daging atau ikan, telur, gorengan atau makanan yang berminyak
Malam: sayuran

Karbohidrat > Protein > Serat


Kurangi asupan karbohidrat menjelang malam dan perbanyak protein mulai tengah hari agar tidak gampang gemuk.
Foto: https://slim117.com/asagohan.html

3. Atur pola makan sesuai kebutuhan


Beberapa wanita cenderung makan sedikit di pagi hari dan justru menambah porsi makanan di siang dan malam hari ini. Justru pola makan seperti ini tidak baik untuk diet karena tubuh membutuhkan banyak energi untuk beraktivitas di pagi hari, tapi tidak membutuhkan banyak energi di malam hari. Akali dengan makan banyak di pagi hari, dan sedikit demi sedikit mengurangi porsi makanan di siang dan malam hari.
Foto: https://www.webmd.boots.com/healthy-eating/ss/serving-sizes-slideshow

4. Batasi porsi makan


Di restoran umumnya menyajikan porsi makanan dengan nasi yang banyak dan varian lauk yang sedikit porsinya. Di saat diet, lebih baik memakan berbagai jenis variasi makanan dengan porsi secukupnya dibandingkan 1 jenis makanan dengan porsi yang banyak. Usahakan untuk makan berbagai jenis varian lauk dan nasi seukuran 1 genggaman tangan saja.
Foto: https://microdiet.net/diet/000287.html

5. Selingi dengan snack


Daripada stress di saat diet gara-gara menahan lapar, lebih baik selingi dengan camilan saat perut mulai terasa lapar. Selain itu, menahan lapar di sore hari juga dapat mengakibatkan Minasan makan terlalu banyak di malam harinya. Lebih baik ambil camilan sehat agar tidak terlalu banyak makan di malam hari 'kan?
Foto: https://www.mensholos.com/news/7453.html
Semoga dengan cara ini diet Minasan berhasil ya!
(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id