sign up SIGN UP

LIFE

Ternyata, Ini Alasan Kenapa Badan Terasa Pegal dan Nyeri Saat Menjelang Menstruasi

S Saraswathi | Kamis, 25 Apr 2019 05:15 WIB
Ternyata, Ini Alasan Kenapa Badan Terasa Pegal dan Nyeri Saat Menjelang Menstruasi
caption
Ladies, apakah kalian sering merasa nyeri dan pegal-pegal pada saat masa pra menstruasi? Merasa tidak enak badan, pinggang pegal, lemas dan mudah marah sebelum haid sangat wajar dan sering juga dialami oleh wanita yang lain. Hal ini dialami karena perubahan hormonal sebelum menstruasi yang dapat menyebabkan gejala baik pada fisik maupun emosional yang disebut pre menstrual syndrome (PMS). Lalu, sebenarnya apa sih alasan badan terasa pegal dan nyeri?

Pra-menstruasi Syndrome (PMS)


Foto: Istimewa

Pra-menstruasi Syndrome (PMS) adalah suatu gejala yang biasanya terjadi selama satu atau dua minggu sebelum menstruasi datang namun, ketika menstruasi datang gejala itu pun akan hilang dengan sendirinya. 

Ada beberapa dugaan faktor penyebabnya adalah rendahnya tingkat hormon progesterone, kekurangan nutrisi dalam tubuh dan rendahnya tingkat serotonim (suatu bahan kimia yang diperlukan otak). Gejala mulai dirasakan 7-10 hari menjelang menstruasi berupa gejala fisik maupun psikis yang menggangu aktivitas sehari-hari dan menghilang setelah menstruasi.

Gejala yang Dirasakan


Foto: Istimewa

Gejala fisik yang dapat muncul:

        
  • Lemas dan cepat lelah.
  •     
  • Sakit kepala, kembung, dan mual
  •     
  • Payudara yang membesar dan terasa nyeri.
  •     
  • Kenaikan berat badan sementara
  •     
  • Nyeri pada otot, sendi, punggung, serta perut bagian bawah.
  •     
  • Berkurangnya gairah seksual
  •     
  • Perubahan pada nafsu makan
  •     
  • Diare atau konstipasi

Jangan khawatir ya Ladies, untuk kalian yang baru pertama mendapatkan menstruasi. Hal ini sangatlah wajar dialami untuk kalian yang ada dalam masa pra menstruasi.



Gejala / Perubahan Emosional


Foto: Istimewa

Gejala/perubahan emosional yang dapat muncul

        
  • Mudah merasa sedih atau menangis
  •     
  • Uring-uringan
  •     
  • Suasana hati yang tidak stabil
  •     
  • Sulit berkonsentrasi.
  •     
  • Kecemasan berlebihan

Hal ini juga wajar terjadi, ladies. Sekali lagi kalian tidak perlu cemas ya.


Pengobatan Sederhana di Rumah


Foto: Istimewa

PMS bisa diatasi secara sederhana di rumah. Gaya hidup dan pengobatan rumahan berikut ini dapat membantu kalian mengatasi premenstrual syndrome:

        
  • Makan dalam porsi kecil, tapi sering untuk menghindari kembung dan rasa penuh pada perut
  •     
  • Kurangi konsumsi garam sebelum menstruasi
  •     
  • Konsumsi karbohidrat kompleks seperti buah, sayur, dan serealia (misalnya gandum)
  •     
  • Konsumsi makanan kaya kalsium
  •     
  • Berhenti merokok dan minum minuman beralkohol
  •     
  • Batasi jumlah cokelat dan kafein (kopi, minuman ringan, atau teh)
  •     
  • Hubungi dokter apabila gejala semakin parah atau tidak membaik
  •     
  • Olahraga teratur


Semoga informasi ini bisa membantu kalian ya ladies.


(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id