sign up SIGN UP

LIFE

Tes Kesehatan Medis yang Harus Dilakukan Perempuan Di Usia 30-an

Devi Nindy | Jumat, 03 Feb 2017 11:00 WIB
Tes Kesehatan Medis yang Harus Dilakukan Perempuan Di Usia 30-an
caption
Menjelang usia 30-an, kamu tidak hanya harus memperhatikan pola hidup sehat demi kebaikan kesehatanmu. Juga, kondisi tubuh yang sewaktu-waktu dapat rentan terserang berbagai penyakit meski tak terlihat secara kasat mata. Oleh karenanya, kamu memerlukan serangkaian tindakan tes kesehatan berikut ini untuk tentukan tindakan preventif di kemudian hari.
Foto: Istimewa

1. Tes Kolesterol



Ketika di usia menginjak 30-an, kamu harus waspada dengan tingkat kolesterol dalam darah. Pikirkan bahwa kolesterol yang dimaksud di sini bukanlah sebuah kondisi maupun penyakit. Namun merupakan indikasi risiko yang mengarah pada penyakit jantung.

Keep in your mind, kamu nggak hanya harus menjaga kadar LDL (kolesterol jahat) rendah sekitar 100 mg/dl. Namun juga membuat kadar HDL (kolesterol baik) menjadi naik, optimalnya 60 mg/dl menurut standar America Heart Association. Total kadar kolesterol maksimal adalah 200 mg/dl atau lebih. 

Dan lagi, perhatikan juga kadar trigliserida, yang merupakan jenis lemak pada tubuhmu. Sebab, jika trigliserida mencapai lebih dari 150 mg/dl, it consider as a red flag! Tingginya kadar trigliserida jika bercampur reaksi dengan kadar HDL rendah dan kadar LDL tinggi akan mempercepat proses atherosclerosis alias penumpukan lemak pada dinding pembuluh darah  arteri. Sehingga, hal tersebut meningkatkan risiko sakit jantung dan stroke. Lakukan tes kolesterol setidaknya setiap 5 tahun sekali, terutama jika keluarga memiliki riwayat sakit jantung, obesitas, atau kamu punya kebiasaan merokok.
 


4. Tekanan Darah



Penyakit akibat tekanan darah juga harus kamu waspadai di usia 30-an ini. Terutama jika keluarga memiliki faktor risiko penyakit jantung atau stroke, riwayat keluarga yang kuat karena overweight atau  merokok. 

Just remember this, tekanan darah sistol/diastol yang harus kamu waspadai adalah diatas antara 120/139 atau dibawah antara 80/89. Menurut American Heart Association, hipertensi atau tekanan darah tinggi didefinisikan di angka 140/90. So beware of that numbers!

 


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id