sign up SIGN UP

LIFE

Tidak Asal Melahap, Orang Korea Punya Etika Makan Sendiri, Lho!

Phanie Fauziah | Kamis, 18 Feb 2021 12:15 WIB
Tidak Asal Melahap, Orang Korea Punya Etika Makan Sendiri, Lho!
caption

Makanan Korea sudah menjadi buah bibir yang sayang jika dilewatkan. Membahas makanan, budaya Korea ternyata bukan hanya perkara rasa dan varian, tetapi juga etika saat makan. Tidak asal melahap, kesopanan saat menyantap hidangan juga diaplikasikan. Hal ini bertujuan tidak hanya menghargai apa yang dimakan, tetapi juga menghargai rekan saat makan.

Ada baiknya tidak hanya mencicipi makanannya saja, tapi juga tradisi yang dilakukan orang Korea saat makan agar lebih terasa nikmat. Yuk, ketahui apa saja yang harus dilakukan orang Korea saat makan!

 

Dahulukan Orang yang Lebih Tua

alat makan
Alat Makan/Freepik

Kebiasaan orang Korea adalah makan bersama dengan keluarga atau teman. Saat kamu makan dengan orang yang lebih tua, aturan pertama yang harus diketahui adalah mendahulukan orang tua. Pastikan orang tua duduk terlebih dahulu. Jika kamu mendahului orang tua untuk duduk, kamu akan dianggap tidak sopan. So, tahan dulu untuk duduk meskipun sudah lapar ya. 

Selain cara duduk, kamu juga perlu mendahulukan orang tua mengambil alat makan dan menunggu orang tua terlebih dahulu menyantap makanan.

 

Ucapan Saat Makan

Korean Set Table
Korean Set Table/Freepik

Kesopanan memang dijunjung tinggi di negeri ginseng ini, tak terkecuali saat makan. Jalmeokhoseumnida mungkin sering didengar para pecinta K-Pop dan K-Drama saat akan makan. Ucapan tersebut berarti ‘aku akan makan dengan baik’ sebagai salah satu cara menghargai makanan yang telah disajikan. Selain itu, jika makanannya merupakan pemberian dari seseorang, tentu kamu perlu mengucapkan terima kasih. Orang Korea akan mengucapkan masigaemeokgoseoyo yang artinya ‘saya menikmati makanannya’.

 

Posisi Mangkuk

Mangkuk Nasi
Mangkuk Nasi/Freepik

Jika Cina dan Jepang biasa dengan mengangkat mangkuk sup atau nasi saat makan, berbeda dengan Korea yang menganggap tindakan itu tidak sopan, apalagi jika sedang makan dengan orang yang lebih tua. Memegang mangkuk nasi atau sup saat makan akan dicap tidak sopan dan lebih baik tetap menaruhnya di meja. 

 

Menghabiskan Makanan

Etika Makan
Etika Makan/Istockphoto

Saat menyantap hidangan bersamaan, pastikan tidak menyisakan makanan yang disajikan. Hal tersebut untuk menghargai orang yang telah menyajikan makanan dan mensyukuri apa yang telah diberi. Hal ini berlaku saat menyantap makanan dengan nasi. Pastikan untuk menghabiskannya untuk memberikan hormat kepada pemberi makanan.

 

Adab Saat Menerima Makanan dan Minuman

Etika Makan
Etika Makan/Asian Inspiration

Biasanya saat makan dengan orang yang lebih tua, mereka akan memberikan makanan pendamping pada yang lebih muda. Pastikan untuk menerimanya, hukumnya wajib sebagai penghormatan terhadap yang lebih tua. Korea terkenal dengan makanan pendamping yang memenuhi meja makan. Alangkah baiknya untuk tidak menyentuh makanan yang kurang diminati, agar bisa dimakan orang lain dan tidak terbuang. Kesopanan juga berlaku saat menuangkan minuman.

Jika orang yang lebih tua menuangkan minuman, pastikan kamu memegang gelasmu dengan kedua tangan dan menerimanya dengan posisi duduk yang baik, melipat kaki ke belakang. Kamu juga wajib menuangkan minuman pada gelas seseorang yang lebih tua saat sudah terlihat kosong sampai setengahnya. 

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id