sign up SIGN UP

LIFE

Tidak Banyak yang Tahu, Inilah 5 Bahan Alami Pengganti MSG yang Lebih Sehat!

karina widara | Jumat, 23 Mar 2018 09:00 WIB
Tidak Banyak yang Tahu, Inilah 5 Bahan Alami Pengganti MSG yang Lebih Sehat!
caption
MSG atau monosodium glutamate adalah garam yang teridri dari sodium/natrium yang akan menguatkan cita rasa pada masakan Buat kamu yang hoibi masak mungkin tidak asing lagi ya dengan sebutan mecin atau vetsin yang ternyata memilikii efek samping yang kurang baik bagi tubuh. Nah, buat yang terbiasa masak dengan menggunakan micin, kamu bisa menggantinya dengan bahan alami berikut ini lho!

Bawang Putih Goreng


Bawang putih merupakan bahan atau bumbu yang biasa dipakai untuk masakah sederhana seperti tumisan hingga masakan yang berbumbu. Aromanya yang harum dan wangi memang bisa menambah selera makan. Na, siapa sangka bawang putih yang digoreng ternyata bisa kamu jadikan sebagai pengganti micin atau MSG pada masakan.

Cara membuatnya pun sangatlah mudah, kamu cukup mememarkan bawang putih yang sudah dikupas terlebih dahulu kemudian goreng dengan minyak sedikit hingga sedikit kering dan harum. Cara lainnya juga bisa kamu masak menjadi bawang putih bubuk yakni dengan cara menghancurkan bawang putih atau mengirisnya halus kemudian goreng hingga kering setelah itu kamu bisa hancurkan sampai berbentuk bubuk dan bubuk bawang putih siap disajikan sebagai pengganti micin. Mudah bukan cara masak bawang putih ini?


Foto: https://indonesian-medan-food.blogspot.co.id/


 


Gula


Ladies, apakah kamu tahu jika gula dapat membuat makanan lebih enak? Nah, siapa sangka jika gula sebetulnya juga kamu gunakan pada saat kamu masak sebagai pengganti micin lho. Caranya, kamu tinggal menaburkan gula bersama garam secukupnya hingga rasa gurih muncul pada masakan baik masakan berbumbu atau masakan sederhana seperti tumisan. Tapi perlu diingat jangan menaburkan terlalu banyak ya jika tidak mau rasa masakanmu menjadi manis.


Foto: https://gayahidup.republika.co.id


 


Kepala dan Kulit Udang


Pernah masak udang dong? Nah, pasti kebanyakan dari kamu selalu membuang kulit atau kepala udang sebab dirasa tidak terpakai. Tapi siapa yang menyangka, jika kulit dan kepala udang bisa kamu gunakan sebagai alternatif pengganti MSG. Caranya juga sangat mudah ladies, kamu cukup mencuci kepala dan kulit udang hingga bersih kemudian panggang hingga kering di dalam oven. Guiling sampai halus dan bubuk kepala udang dan kulit udang bisa kamu simpan di dalam toples dan bisa kamu pakai kapan saja sebagai pengganti MSG untuk masakan sederhana seperti tumisan atau masakan dengan banyak bumbu.


Foto: https://www.jitunews.com/


 


Terasi


Terasi merupakan bahan yang paling wajib ada untuk membuat sambal. Rasanya yang harum dan gurih mampu membuat selera makan bertambah. Nah, siapa yang menyangka jika terasi bisa kamu manfaatkan sebagai pengganti MSG. Rasanya yang gurih bisa menjadikan masakan kamu menjadi lebih lezat dan gurih lho. Namun, kamu juga perlu berhati-hati ya ladies, sebab ada banyak pemberitaan terasi yang dibuat dari bahan ikan yang tidak segar. Oleh karenanya teliti dahulu sebelum membeli terasi.


Foto: https://resepkoki.id


 


Kaldu Ayam atau Daging


Seperti yang kamu ketahui jika MSG mengandung bahan berbahaya yang bisa merusak tumbuh kembang otak anak-anak hingga dewasa. Oleh karenanya sebaiknya kamu mengganti MSG pada makanan dengan kaldu ayam atau daging sebagai penguat rasa masakanmu. Selain cara memasak kaldu sangat mudah, kaldu ayam atau daging juga memiliki banyak vitamin dan sehat untuk tubuh khususnya anak-anak.
Foto: https://sedapqu.blogspot.co.id
(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id