sign up SIGN UP

LIFE

Tidak Disangka, Ternyata Ini Lho Fakta Menarik Dibalik Makanan Bakpia!

Serlina | Jumat, 27 Apr 2018 09:00 WIB
Tidak Disangka, Ternyata Ini Lho Fakta Menarik Dibalik Makanan Bakpia!
caption
Yogyakarta memang terkenal dengan salah satu makanan khas nya, yaitu Bakpia. Disana kamu bisa menemukan banyak tempat makan yang menjual bakpia sebagai buah tangan dari Yogyakarta, lho. Nah, ternyata makanan khas satu ini mempunyai sejumah fakta unik dan menarik yang belum diketahui banyak orang, ladies. Apa sajakah fakta unik dan menarik mengrnai bakpia? Yuk simak selengkapnya hanya di artikel ini!



Bukanlah Makanan Asli Yogyakarta
Bakpia memang terkenal sebagai makanan khas Yogyakarta, Beautynesian. Namun, faktanya makanan satu ini bukanlah makanan khas asli kebudayaan Yogyakarta, lho. For your info, Bakpia merupakan  makanan yang berasal dari tradisi Tionghoa dan dibawa oleh para pendatang dari Tiongkok, ladies! Cukup mengejutkan bukan?
 


Foto: https://www.tokopedia.com



Nama Aslinya Bukan Bakpia
Nama dari makanan khas dengan isian manis seperti kacang hijau, coklat, dan keju ini sebenarnya bukan bernama “Bakpia”, lho.  “Bakpia” yang dibawa oleh pendatang Tiongkok berasal dari Bahasa “Hokkian” yang artinya “kue pia isi  daging”. Yup, Bakpia awalnya merupakan kue dengan isian daging babi, ladies. Nah, karena disesuaikan dengan budaya masyarakat Indonesia, maka isian kue yang sebelunya daging babi  diubah menjadi kacang hijau tumbuk yang manis. Namanya pun bukanlah ‘Bakpia’ melainkan “ Tou Lok Pia” yang artinya ‘kue pua isi kacang hijau’, lho.
 


Foto: https://www.tuguwisata.com/



Sempat Tidak Mendapat Respon Positif dari Masyarakat
Meski sekarang ini makanan khas satu ini dinikmati dan digemari oleh masyarakat, faktanya Bakpia pernah menerima respon negative dari masyarakat pada awal kemunculannya, lho. Pada awalnya, masyarakat menolak dan menghindari Bakpia karena makanan khas satu ini dibuat dan berasal dari para pendatang Tiongkok yang masih tidak dikenal dan dianggap asing. Namun, seiring berjalannya waktu, penduduk asli Yogyakarta pun mulai menjalin hubungan yang baik dengan para pendatang serta adanya penyesuaian kue bakpia dengan kultur setempat, sehinga makanan khas ini dapat diterima masyarakat. And yeah, saat ini kamu bisa menemukan banyak sekali tempat makan yang menjual Bakpia di seluruh penjuru Yogyakarta, ladies!
 


Foto: https://magazine.job-like.com



Alasan Dibalik Penggunaaan Angka Sebagai Merk Bakpia
Seperti yang kita ketahui, nama Bakpia biasanya terdiri atas nomor-nomor, seperti Bakpia Pathok 25 dan Bakpia Patuk 75. Ternyata, selain sebagai pembeda dengan merk Bakpia lainnya, angka pada merk Bakpia ini merujuk pada nomor rumah tempat diproduksonya si Bakpia, lho. Unik bukan?
 


Foto: https://www.mobile-dhewe.com/


Merupakan Warisan Budaya Yogyakarta
Yup, sejak 27 Oktober 2016, Bakpia telah dinobatkan sebagai warisan budaya tak benda dari Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, lho. So yeah, Bakpia bukanlah hanya makanan khas Yogya tetapi juga warisan budaya yang perlu dijaga eksistensinya, ladies.
 
 


Foto: https://www.bakpiamutiarajogja.com
(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id