sign up SIGN UP

LIFE

Tips Diet Sehat Sesuai Kebutuhan

Intan Kumala | Rabu, 16 Dec 2015 01:00 WIB
Tips Diet Sehat Sesuai Kebutuhan
caption
Sebelum menjalankan diet sebaiknya ketahui dahulu tujuan diet yang akan dijalankan. Diet bukan hanya untuk menguruskan badan dengan cara mengurangi asupan makan. Lebih tepat bila tujuan diet untuk mencapai Berat Badan Ideal (BBI). Jadi, tidak asal-asalan menurunkan atau menaikkan berat badan tanpa tahu seberapa besar berat badan yang harus dikurangi atau dinaikkan. Berikut tipsnya.
Diet yang terlalu berat secara tiba-tiba justru dapat mengganggu proses metabolisme tubuh. Selain itu, bisa timbul berbagai macam penyakit yang justru merugikan diri sendiri. Bila perlu diet harus dengan pengawasan ahli gizi yang lebih memahami diet. Proses menjalankan diet yang baik dilakukan secara bertahap dengan pengaturan pola makan yang baik. Berikut tips diet sehat yang bisa dilakukan bagi pemula sesuai kebutuhan tubuh.

Ukuran Makanan


Setiap makanan memiliki berat yang berbeda-beda. Kamu bisa mengukur makanan dengan ukuran gelas, sendok atau pengukur makanan lainnya untuk mendapat ukuran porsi yang tepat. Fungsinya supaya makanan yang masuk ke tubuh tidak berlebihan. Misalnya, makan nasi rata-rata 100 gr atau setengah gelas, gula 5 gr atau 1 sdt dan susu sapi 200 gr atau 1 gelas. Untuk mengurangi asupan makan, kamu bisa mengurangi nasi menjadi 50 gr.

Perhitungan Kalori


Hitung kalori yang masuk ke tubuh. Cara cepat untuk menghitung kalori yang masuk ke tubuh untuk wanita adalah 1.500 - 2.000 kalori sehari. Bila ingin menurunkan berat badan, asupan makan bisa dikurangi 500 kalori sehari sehingga menjadi 1.000 - 1.500 kalori.

Food Journal


Kamu bisa menghitung kalori yang masuk ke tubuh. Caranya dengan membuat food jurnal secara manual. Saat ini juga banyak tersedia aplikasi smartphone untuk menghitung kebutuhan kalori seperti Myfitnesspal atau Calories Counter.

Minum Air Putih


Perbanyak juga untuk minum air putih 8 gelas per hari. Sekitar 60% dari berat badan kita terdiri dari cairan. Hampir sebagian besar proses metabolisme membutuhkan air baik untuk mengatur suhu tubuh dan membawa nutrisi ke sel. Untuk mengontrol makanan yang masuk ke tubuh, kamu dapat mengkonsumsi air putih beberapa jam sebelum makan agar lebih kenyang.

Snack Sehat


Pilih snack yang lebih sehat. Coba ganti snack dengan buah-buahan. Selain lebih sehat, buah-buahan banyak mengandung serat sehingga lebih kenyang. Dengan mengonsumsi buah kita tidak akan kelaparan sepanjang hari dan tidak makan berlebihan.

Olahraga


Jangan lupa olahraga teratur meski hanya sebentar. Untuk menurunkan berat badan jangan hanya mengandalkan diet tapi cobalah tetap olahraga. Olahraga dapat membantu menejemen penurunan berat badan. Gunakan waktu 15 menit untuk berolahraga dengan lari kecil di sekitar komplek atau olahraga di rumah.
Yuk, lakukan diet yang baik dan benar untuk kesehatan tubuh!
(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id