sign up SIGN UP

LIFE

Tips Jogging Sehat

Sarah Gunaw | Minggu, 28 Aug 2016 01:30 WIB
Tips Jogging Sehat
caption
Jogging adalah salah satu olahraga yang banyak diminati. Jogging tidak hanya dilakukan untuk menghasilkan keringat, tapi juga untuk memberikan manfaat kesehatan yang banyak. Selain sangat bermanfaat bagi tubuh, keuntungan dari jogging adalah mudah dan murah. Walaupun mudah, bukan berarti olahraga ini tidak memiliki aturan. Untuk mendapatkan manfaat dari jogging, ada beberapa cara jogging sehat yang harus dilakukan.

Persiapkan Kostum Jogging yang Nyaman


Pertama-tama tentu kita harus mempersiapkan kostum jogging yang paling utama meliputi pakaian dan sepatu. Pakaian dan sepatu yang kita kenakan akan mempengaruhi kualitas jogging kita. Maka dari itu, usahakan mengenakan pakaian yang menyerap keringat seperti berbahan spandex atau polyester. Selain itu, pilihlah sepatu yang ringan dan memiliki sol yang lentur dan nyaman.


Foto: Istimewa

Lakukan Stretching Sebelum Jogging


Stretching atau peregangan adalah hal yang wajib dilakukan sebelum melakukan segala jenis olahraga. Hal ini dilakukan agar otot-otot tubuh kita tidak kaget sehingga dapat menghindari keram ketika jogging. Selain itu, stretching juga dilakukan untuk membantu tubuh beradaptasi terhadap peningkatan aktivitas.

Stretching dapat dilakuakn selama 3-5 menit dan dilanjutkan dengan jalan cepat. Biasakan untuk melakukan jalan cepat sebelum jogging agar tubuh dapat beradaptasi dengan perlahan.


Foto: Istimewa

Perhatikan Posisi Tubuh Saat Jogging


Posisi menentukan prestasi. Mungkin kalimat itu juga selaras dengan posisi jogging yang baik akan menghasilkan manfaat yang maksimal. Ada beberapa posisi yang harus diperhatikan.

Pertama, kepala harus tegak dan pandangan lurus ke depan. Kedua, posisi bahu jangan diangkat dan tetap rileks. Ketiga, tangan jangan dibiarkan lurus menggantung dan siku ditekuk dengan posisi 90 derajat, kepalkan telapak tangan dengan nyaman. Keempat, badan tetap lurus, tapi tidak tegap. Kelima, saat kaki menyentuh tanah, posisi tungkai mendarat lebih dulu dan jari kaki menghadap ke depan.



Mulai Jogging dengan Perlahan


Segala sesuatu pasti membutuhkan proses. Jangan memulai jogging dengan jarak jauh, terlebih bila kita seorang pemula. Mulailah dengan jarak 200-300 meter atau sesuai dengan kemampuan. Jangan dipaksakan. Perlahan tingkatkan jarak tersebut seiring dengan semakin siapnya tubuh kita.


Foto: Istimewa

Aturlah Ritme Pernapasan Saat Jogging


Buatlah tubuh senyaman mungkin ketika jogging. Setelah itu atur ritme pernapasan, jangan sampai bernafas dengan tersenggal-senggal. Bernafas menggunakan hidung memanglah tidak salah, namun membuat cepat lelah. Cobalah bernafas melalui hidung dan mulut. Gunakan hidung ketika kita menghirup dan membuangnya melalui mulut. Selain tidak cepat lelah, bernafas dengan cara ini juga mencegah nyeri pada difragma perut.


Perhatikan Denyut Nadi Saat Jogging


Ketika kita jogging, denyut nadi akan meningkat sekitar 60-70% dari denyut nadi maksimal. Jika lebih dari itu, hentikanlah dan beristirahat.


Minumlah Air Putih yang Cukup


Jogging tentu membuat cairan tubuh berkurang dengan keluarnya keringat. Maka dari itu, minumlah air putih sebelum, sesudah, dan setiap kita jogging 15-20 menit sekali agar tidak dehidrasi.


Foto: Istimewa

Lakukan Pendinginan Setelah Jogging


Pendinginan juga menjadi suatu hal yang wajib bagi kita yang sudah melakukan aktivitas olahraga. Lakukan pendinginan selama 3-5 menit setelah jogging.


Foto: Istimewa

Jogging dengan Teratur dan Disiplin


Cara terbaik untuk mendapatkan manfaat sebanyak mungkin dari jogging adalah dengan melakukannya dengan teratur. Kita akan dapat merasakan manfaat dari setiap olahraga jika dilakukan dengan teratur dan disiplin. Lakukanlah jogging minimal 3 kali seminggu dengan durasi kurang lebih 30 menit. Dengan begitu, banyak manfaat yang dapat kita dapatkan.


Foto: Istimewa
(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id