sign up SIGN UP

LIFE

Tubuh Sehat & Langsing saat Puasa

Eka Yuliana | Selasa, 07 Jun 2016 10:00 WIB
Tubuh Sehat & Langsing saat Puasa
caption
Bulan Ramadan merupakan bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh umat muslim di seluruh dunia untuk memperbaiki diri. Nah, dalam bulan Ramadan ini juga kesempatan kita untuk memperbaiki pola makan, yang dapat menjadikan kita sehat, dan tetap langsing. Mau tahu tips sehat saat puasa? Simak di bawah ini.

Hindari Makan Berlebihan Saat Berbuka Puasa


Sering kali, setelah menahan haus dan lapar saat siang hari kita melampiaskannya dengan makan dan minum yang berlebihan saat berbuka. Hal ini tidak baik untuk kesehatan, lho. Sebaiknya, makanlah makanan ringan seperti buah-buahan, yang mengandung vitaman yang cepat mengembalikan kesegaran tubuh. Hindari memakan makanan cepat saji, karena disamping tidak menyehatkan, juga dapat menyebabkan kegemukan akibat kalori yang cukup tinggi.
Foto: Istimewa

Makan Makanan yang Mengandung Serat & Protein


Memakan makanan yang mengandung banyak serat dan protein dapat membantuh tubuh kita untuk bergerak lebih aktif karena kebutuhan tubuh kita terpenuhi dengan baik. Ikan, daging, kacang-kacangan, buah, sayur, telur, keju merupakan makanan yang paling direkomendasikan.
Foto: Istimewa

Hindari Makanan Manis


Memakan makanan yang banyak mengandung gula saat sahur dapat membuat tubuh kita lemas saat berpuasa. Saat berpuasa, otot kita akan mengecil dan ketika kita memakan makanan yang memiliki kadar gula tinggi maka respon insulin kita akan melonjak dan menyebabkan kegemukan.
Foto: Istimewa

Minum Air yang Cukup


Sering sekali kita menyepelekan meminum air saat sahur, padahal air merupakan elemen paling penting dalam tubuh kita. Dua pertiga tubuh kita diisi dengan air. Bayangkan jika kita kekurangan air dalam tubuh, dampak yang pasti dapat terjadi adalah kita akan mengalami dehidrasi saat berpuasa.
Foto: Istimewa
Nabi Muhammad Saw bersabda : "Apabila berbuka salah satu kamu, maka hendaklah berbuka dengan kurma. Andaikan kamu tidak memperolehnya, maka berbukalah dengan air, maka sesungguhnya air itu suci."https://id-id.facebook.com/notes/mari-biasakan-stw-sholat-tepat-waktu/jangan-berbuka-puasa-dengan-yang-manis-harap-dibaca-sebelum-berkomentar/10150337536141413/

Hindari Berlama-lama di Bawah Terik Matahari


Hal ini dapat menjadikan tubuh kita dehidrasi karena aktivitas yang berlebih. Jika memang kondisi yang membuat kamu berada pada terik matahari, maka istirahatlah sebentar untuk meredakan dehidrasi kamu.
Foto: Istimewa

Hindari Makanan Pedas


Makanan pedas dapat mengganggu pencernaan, apalagi untuk orang-orang yang memiliki penyakit maag. Hindari makanan yang terlalu pedas agar tidak bersahabat dengan toilet saat bulan puasa.
Foto: Istimewa

Sesuaikan dengan Kemampuan Kamu


Bulan Puasa bukanlah ajang untuk lebih unggul dalam mendapatkan pahala hingga mengesampingkan kesehatan. Boleh berpuasa tetapi kita juga harus mengetahui kemampuan kita, jangan sampai ketika kita berpuasa kita malah terkena sakit hingga rehat di kamar opname.
Foto: Istimewa
(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id