sign up SIGN UP

LIFE

Unik dan Lezat! Ini Dia Jajanan Tradisional Lampung yang Wajib Kamu Coba!

Diangga | Jumat, 11 Aug 2017 13:30 WIB
Unik dan Lezat! Ini Dia Jajanan Tradisional Lampung yang Wajib Kamu Coba!
caption
Kamu yang sedang mampir ke kota Lampung pastinya enggak boleh melewati 5 jajanan khas Lampung yang bikin kamu ketagihan dan ingin lagi. Penasaran apa saja rekomendasi jajanan tradisional lampung ini? Intip di sini!


 


Umbu


Kalau biasanya rotan dijadikan bahan dasar bangku, kalau di Lampung rotan menjadi salah satu makanan tradisional lampung yang paling unik dan paling jarang ditemukan. Umbu adalah rotan muda yang direbus. Mungkin bentuk umbu sendiri terlihat seperti kayu arang, namun makanan tradisional yang satu ini biasa dijadikan lalapan atau lauk oseng yang dipercaya dapat meningkatkan selera makan lho. Yah, kalau kamu bertanya soal rasa, rasanya pahit. So, beautynesian berani nyoba?


Foto: https://malahayati.ac.id/?p=15322


 



Geguduh


Kalau makanan tradisional Lampung yang satu ini sangat terkenal dengan rasa manisnya yang maknyus di mulut. Yup! makanan yang satu ini mungkin terlihat sangat mirip dengan pisang goreng yang kamu sering liat di tukang gorengan, namun geguduh memiliki cita rasa dan bahan masak yang sedikit berbeda dari biasanya. Makanan berbahan dasar pisang kepok dan tepung terigu yang dicampurkan dengan kapur sirih ini sangat cocok dijadikan makanan pendamping teh atau kopi. Namun tidak jarang orang akan menambahkan susu kental manis atau selai sebagai penambah rasa. Hmm.. Udah kebayang kan gimana enaknya?
Foto: https://id.wikipedia.org/wiki/Gagodoh


 


Keripik Pisang Lampung


Nah, kalau makanan yang satu ini pastinya kamu udah sering dengar kan? Yup! keripik pisang Lampung yang satu ini memang memiliki cita rasa yang super lezat yang enggak bakalan kamu temuin dikeripik manapun. Kalau biasanya keripik pisang hanya memiliki satu rasa yaitu pisang, kalau di sini, keripik pisang dikemas dengan beragam pilihan rasa mainstream seperti coklat, keju, melon, kopi, moka hingga rasa durian. Hmm.. Tekstur renyah kripik pisang, ditambah bubuk perasa yang betah banget nempel dimulut. So, Beatuynesian, jangan sampai lupa beli makanan yang satu ini buat oleh-oleh yah!


Foto: https://resepmakan.info


 


Sekubal


Yup! Kalau makanan yang satu ini udah enggak asing lagi bagi orang-orang lampung. Sekubal merupakan makanan berbahan dasar ketan dan santan yang dibungkus dengan daun pisang lalu dimasak selama hampir 8 jam lamanya dalam sekali memasak. Memasak sekubal ternyata tidak semudah yang dibayangkan.

Untuk mendapatkan rasa yang pas, maka sang koki harus memiliki ketelatenan dan kesabaran dalam memasakan makanan tradisional ini. Maka tidak heran jika sekubal menjadi salah satu menu makanan yang selalu hadir didalam acara-acara besar seperti nikahan, perayaan dan lebaran. Kalau soal rasa, kamu enggak perlu ragu lagi kok. Udah pasti dijamin enak. Enggak percaya? Silahkan coba!


Foto: Istimewa


 


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id