sign up SIGN UP

LIFE

Waspada, 5 Makanan Sehat Ini Menyimpan Racun

Midori | Rabu, 01 Apr 2015 10:00 WIB
Waspada, 5 Makanan Sehat Ini Menyimpan Racun
caption
Mengonsumsi makanan sehat adalah salah satu cara menjaga kesehatan tubuh. Namun siapa sangka, bahwa di dalam makanan sehat pun terdapat zat beracun yang dapat membahayakan jika tidak diolah dengan benar. Mau tahu apa saja itu?

1. Almond


Foto: https://dianaruntu.wordpress.com/2010/03/23/inilah-makanan-makanan-mengandung-sianida-yg-sehari-hari-kamu-santap/
Almond yang dijual di pasaran bisa dipastikan sebelumnya sudah mengalami proses ini, namun untuk lebih berhati-hati kamu bisa mengolahnya lagi untuk memastikan zat sianida telah hilang.

2. Buah Ceri


Foto: https://anfathurochim.blogspot.com/2014/12/6-jenis-buah-dan-sayur-yang-justru-bisa.html
Dalam dosis kecil akan menyebabkan pusing, linglung, dan muntah. Sedangkan dalam dosis besar dapat menyebabkan gangguan pernafasan, naiknya tekanan darah, bahkan gagal ginjal dan berujung kematian.

3. Buah Apel


Foto: https://demo.analisadaily.com/health/news/waspadai-makanan-beracun-di-dapur-anda-part-1/107688/2015/02/12
Walaupun zat sianida dalam buah apel memiliki kadar yang lebih rendah dari almond dan buah ceri, tapi kamu tetap perlu hati-hati supaya tidak termakan, ya. Zat ini baru akan berbahaya jika biji buah apel terkunyah dan pecah. Perhatikan baik-baik terutama saat membuat jus apel, jangan sampai bijinya ikut masuk ke dalam blendermu!

4. Tomat


Foto: https://gayahidup.republika.co.id/berita/gaya-hidup/info-sehat/13/11/03/mvmwix-8-makanan-beracun-yang-sering-kita-makan
Jadi untuk menjaga agar tomat yang kamu makan sudah aman, pastikan kamu membuang bagian batang dan daun tomat lalu mencucinya sebelum diolah, ya!

5. Kentang


Foto: https://asek.us/hati-hati-kentang-berwarna-hijau-biasanya-beracun/
Warna hijau tersebut berasal dari klorofil yang sebenarnya tidak berbahaya. Namun jika terkena cahaya matahari yang berlebihan, kentang akan memproduksi zat solanin yang jika terkonsumsi dapat menyebabkan efek keracunan makanan seperti diare, mual dan pusing, bahkan muntah. Jadi pastikan membuang bagian kehijauan pada kentang sebelum mengolahnya.
Wah, kamu harus hati-hati sebelum mengonsumsi makanan tersebut di atas, ya!
(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id