sign up SIGN UP

LIFE

Waspada! 5 Minuman Berbahaya untuk Gigi Ini Mungkin Saja Kamu Konsumsi Sehari-Hari!

Agatha Kharisma | Rabu, 02 Aug 2017 03:30 WIB
Waspada! 5 Minuman Berbahaya untuk Gigi Ini Mungkin Saja Kamu Konsumsi Sehari-Hari!
caption
Sejak kecil, kita selalu diajarkan untuk merawat gigi dengan cara rajin sikat gigi dan melakukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi. Ternyata, kedua metode perawatan di atas akan sia-sia kalau kamu tak memperhatikan kebiasaan makan dan minum sehari-hari. Ada beberapa minuman berbahaya untuk kesehatan gigi yang umum dikonsumsi sehari-hari. Apa sajakah?



Soda

Secara umum, banyak dokter yang menganjurkan agar kita menghindari minum soda untuk menjaga kesehatan. Ternyata, hal ini juga berlaku untuk menjaga kesehatan gigi. Banyak penelitian yang membuktikan hubungan antara konsumsi soda dengan kerusakan gigi. Soda bersifat asam dan mengandung gula tinggi, yang mampu melemahkan enamel gigi serta mendorong bakteri berkembang biak.
 


Foto: https://www.huffingtonpost.com


Sports Drink

Sports drink yang umumnya dikonsumsi seusai berolahraga mungkin terdengar sehat, namun kenyataannya tetap mengandung gula dan bersifat asam. Sebuah studi di New York menemukan bahwa sports drink adalah minuman yang paling erosif terhadap gigi dibanding minuman yang bersifat asam lainnya, lho!


Foto: https://edition.cnn.com



Minuman Energi

Karena produk ini bersifat asam dan mengandung banyak gula, maka minuman energi pun masuk dalam golongan minuman berbahaya untuk kesehatan gigi. Energi yang diberikan oleh minuman energi seluruhnya bersumber dari kandungan gula.
 



Foto: https://www.telegraph.co.uk/news/health/news/11517565/Energy-drinks-like-legal-highs.html



Teh dan Kopi

Dikutip dari The Daily Meal, warna cokelat dari kopi dan teh dapat meninggalkan noda kuning pada gigi dengan cara mengekspos dentin yang berada di bawah enamel gigi. Selain itu, teh dan kopi sering diminum dengan tambahan gula yang mendorong perkembangbiakan bakteri. Solusinya, tambahkan gula sedikit saja atau bahkan tidak sama sekali. Berkumur dengan air putih seusai minum teh atau kopi, dan sikatlah gigi.
 


Foto: https://www.elledecor.com/life-culture/food-drink/a8095/hot-drinks/



Minuman Beralkohol

Kandungan alkohol dalam minuman dapat merusak enamel, mengurangi produksi air liur dan membuat mulut semakin kering. Perlu kamu ketahui, berkurangnya produksi air liur dapat mengakibatkan kerusakan gigi serta penyakit gusi. Tanpa disadari, alkohol pun mengandung banyak gula. Sementara minuman beralkohol seperti anggur merah dapat meninggalkan noda pada gigi.
 


Foto: https://askdrmichele.com


 


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id