sign up SIGN UP

LIFE

Waspada! Hindari Keracunan Makanan dengan Langkah-Langkah Berikut Ini

Agatha Kharisma | Rabu, 07 Jun 2017 05:30 WIB
Waspada! Hindari Keracunan Makanan dengan Langkah-Langkah Berikut Ini
caption
Risiko keracunan makanan tak dapat dieliminasi dari siklus pangan manusia. Selalu ada celah bagi bakteri untuk sampai di makanan kita dan menyebabkan keracunan makanan. Ketahuilah ada beberapa langkah preventif yang dapat kita terapkan untuk mencegah keracunan makanan.


 


Cuci Tangan, Peralatan dan Meja Makan


Cara terampuh untuk membunuh bakteri adalah mencuci dengan sabun. Ingat untuk selalu mencuci tangan dengan sabun, baik sebelum maupun sesudah menyiapkan makanan. Gunakan sabun pencuci piring untuk mencuci peralatan masak hingga benar-benar bersih, dan keringkan sebelum disimpan. Jangan lupa mengelap meja dapur dan meja makan secara rutin.
Foto: https://www.thekitchn.com/all-about-meat-cutting-boards-and-sanitizing-techniques-in-the-kitchen-171213


 


Masak Hingga Matang


Keuntungan dari makanan dan minuman yang matang, adalah terbunuhnya bakteri penyebab keracunan makanan ketika kontak dengan panas tinggi. Maka dari itu, pastikan kamu telah memasak makanan hingga benar-benar matang sebelum dikonsumsi. Sebagai contoh, daging sapi cincang perlu dimasak hingga 71.1 C; daging steak hingga 62.8 C; sementara ayam perlu mencapai 73.9 C.



Foto: https://tallypress.com/malaysia-top-10s/top-10-cooking-classes-in-klang-valley/


 


Simpan Makanan Dalam Kulkas


Bahan makanan tertentu seperti daging atau buah potong tergolong perishable atau mudah rusak. Rusak dalam hal ini disebabkan oleh perkembangbiakan bakteri yang didukung oleh faktor-faktor eksternal. Menyimpan makanan dalam suhu rendah akan membuat bakteri 'tertidur' dan berhenti berkembang biak. Maka dari itu segera simpan makanan yang mudah rusak dalam dua jam setelah dibeli atau disiapkan. Kalau temperatur ruangan lebih dari 32.2 C, simpan di kulkas sebelum lewat satu jam.

Hendak mencairkan daging beku? Kamu wajib segera memasaknya, dan jangan membekukannya kembali.


Foto: https://www.goshop.market/


 


Ragu? Sebaiknya Jangan Dikonsumsi


Mungkin kamu merasa ragu untuk memasak daging beku yang tersimpan dalam freezer selama hampir satu bulan, atau enggak yakin dengan kebersihan sayur salad yang tersimpan di kulkas selama seminggu. Untuk mencegah keracunan makanan, sebaiknya kamu cari aman dan tidak mengkonsumsi bahan-bahan tersebut, Beautynesian. Kesehatanmu tak sebanding dengan harga makanan itu.


Foto: https://www.dailymail.co.uk/femail/food/article-3106992/Experts-reveal-save-700-year-making-groceries-further.html



 


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id