sign up SIGN UP

LIFE

Waspada! Inilah Bahaya Makan Berlebihan Pasca Lebaran

Andi Mardana | Selasa, 27 Jun 2017 02:30 WIB
Waspada! Inilah Bahaya Makan Berlebihan Pasca Lebaran
caption
Lebaran 2017 tinggal menghitung hari, tentunya kamu sudah mempersiapkan segala sesuatunya, terutama menu-menu istimewa. Sajian lebaran 2017 tak jauh berbeda dari lebaran di tahun-tahun sebelumnya yang identik dengan makanan berlemak, bersantan, pedas dan gurih, serta makanan yang manis-manis. Meski terlihat nikmat, tapi perlu kamu ingat bahwa mengonsumsinya dalam jumlah banyak dapat membahayakan kesehatan. Sehingga kamu perlu bijak dalam mengonsumsi makanan saat lebaran 2017 nanti.

1. Makanan Pedas Pencetus Maag


Menjelang lebaran 2017, kamu harus komitmen untuk menghindari makan makanan pedas berlebihan. Makanan pedas dan asam dapat berdampak buruk pada lambung dan ini merupakan salah satu pencetus penyakit maag. Maag rawan terjadi pasca Lebaran, hal ini disebabkan apabila kamu tidak dapat mengatur pola makan. kamu dengan mudah tergoda dengan makanan enak yang tersaji di atas meja. Padahal mengonsumsi makanan tanpa memilah-milah berpotensi meningkatkan asam lambung. Nah, agar lebaran 2017 kamu tetap sehat, maka hindari penyebab maag kambuh.


Foto: https://www.diariofemenino.com/images/articulos/6000/6871/1.jpg


 


2. Makanan Tidak Bersih Sebabkan Diare


Diare adalah salah satu penyakit yang kerap mewabah pasca Lebaran. Kamu tentu tidak ingin hal ini terjadi pada kamu dan keluarga pasca lebaran 2017 nanti bukan? Saat lebaran, makanan yang disajikan tidak bisa dijamin kebersihannya. Tanpa kamu sadari, bisa saja ada lalat yang hinggap pada makanan dan menularkan bakteri, sehingga saat kamu makan bisa menyebabkan diare yang serius. Sehingga, sangat perlu bagi kamu untuk memastikan makanan yang kamu sajikan higienis, bila perlu jangan disimpan terlalu lama karena dapat menyebabkan kontaminasi bakteri. Semoga lebaran 2017 kamu terhindar dari Diare.



Foto: https://4.bp.blogspot.com/-tcXdyUBS_BI/WEGXXMOQa7I/AAAAAAAAE30/BzqxbX5-a3Y4IUIKBV_NPyj_DdJBvg2bgCLcB/s400/Diare%2Badalah.jpg


 


3. Meningkatnya Kadar Gula Darah dan Kolesterol


Lebaran 2017 adalah moment yang sangat dinanti-nanti. Untuk itu, pastikan agar kamu terhindar dari Penyakit Tidak Menular (PTM) terutama diabetes dan kolesterol. Kolesterol disebabkan terlalu banyak mengonsumsi makanan bersantan seperti rendang, gulai, opor ayam, gorengan dan makanan berlemak jenuh lainnya. Sedangkan diabetes disebabkan banyaknya asupan kalori. Kalori yang dihasilkan dari karbohidrat dan makanan serta minuman manis-manis yang berlebih akan menumpuk dan mengakibatkan kadar gula dalam darah meningkat. Agar lebaran 2017 Anda menyenangkan maka sebaiknya saat mengonsumsi makanan kaya lemak dan kalori kamu perlu mengimbanginya dengan mengonsumsi sayur dan buah kaya serat. Konsumsi 2-3 porsi sayur dan buah setiap hari dapat membantu mengikat lemak agar tidak mudah diserap tubuh.


Foto: https://ireztia.com/wp-content/uploads/2016/12/cara-menurunkan-kolesterol.jpeg
(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id