sign up SIGN UP

LIFE

Yuk, Terapkan Tips Sehat Makan Gorengan Berikut untuk Kamu yang Hobi Jajan!

Agatha Kharisma | Sabtu, 17 Jun 2017 02:30 WIB
Yuk, Terapkan Tips Sehat Makan Gorengan Berikut untuk Kamu yang Hobi Jajan!
caption
Ada pendapat bahwa makanan apapun akan terasa enak bila digoreng. Benar saja, mulai dari buah seperti pisang goreng, hingga sayur bayam, semuanya dapat dinikmati dengan cara digoreng. Padahal, terlalu banyak makan gorengan tak baik untuk tubuh. Cari tahu tips sehat makan gorengan yang dapat kamu terapkan.

Jangan Terlalu Sering


Menjaga frekuensi dari jumlah gorengan yang kamu makan adalah tips sehat makan gorengan yang paling utama. Kalau terlalu sering, maka dampak negatif akan berakumulasi, dan meningkatkan resiko gangguan kesehatan. Apapun yang dikonsumsi secara berlebihan tak selalu membawa dampak baik, bukan?


Foto: https://www.dreamstime.com/stock-photo-little-cute-boy-refuses-to-eat-french-fries-image73588615


 



Selektif Memilih Penjual Gorengan


Mungkin kamu pernah mendengar berita tentang penjual gorengan yang menggunakan minyak jelantah untuk alasan ekonomis, hingga mencampurkan plastik agar gorengan tetap renyah dalam waktu lama. Atau kamu mungkin pernah menyaksikannya secara langsung?

Sangat penting untuk menyeleksi pedagang gorengan secara cermat agar kamu dapat menjaga kualitas gorengan yang kamu makan. Waspadai ciri-ciri gorengan yang berbahaya, seperti renyah dalam waktu lama atau digoreng menggunakan minyak yang tidak jernih. Kesehatanmu lebih berharga.


Foto: https://bersamadanberbagi.blogspot.co.id/2013/04/nikmatnya-wiramandiri-usaha-gorengan.html?m=1


 


Buat Gorengan Sendiri


Nggak yakin dengan kualitas gorengan yang kamu beli? Kamu selalu dapat membuat gorengan sendiri di rumah. Dengan demikian, kamu dapat mengontrol sepenuhnya bahan dasar dan kualitas minyak goreng yang dipakai.


Foto: https://kuliner.cahiya.com/dapur-kembali-bersih-setelah-memasak/


 


Teknik Menggoreng yang Benar
Cara menggoreng yang tepat adalah menunggu suhu minyak benar-benar panas sebelum memasukkan adonan. Dengan cara ini, gorengan tak akan menyerap banyak minyak. Periksa suhu minyak dengan cara meneteskan sedikit adonan di dalam minyak. Kalau segera mendesis, tandanya minyak sudah cukup panas dan siap digunakan.
Foto: https://theculinarycook.com/cooking-methods-how-to-cook/


 


Gunakan Minyak Baru


Saat hendak menggoreng, gunakan minyak goreng baru atau maksimal bekas dua kali pemakaian. Pasalnya, proses penggorengan perlahan lahan membentuk zat karsinogen salah satu pemicu kanker. Terbayang kan, jumlah zat karsinogen yang menumpuk apabila minyak goreng dipakai berulang-ulang?


Foto: https://www.tabloidku.id/rumahku/2016/10/07/Cara-Tepat-Gunakan-Minyak-Goreng


 


Serap Minyak Berlebih dengan Tissue Dapur


Setelah ditiriskan atau sebelum dimakan, gunakan selembar paper towel atau tisu dapur untuk menyerap minyak berlebih pada gorengan. Caranya, tekan-tekan gorengan dengan tisu dapur, hingga minyak menyerap di tisu. Dengan tips ini, setidaknya konsumsi minyak goreng akan lebih sedikit.


Foto: https://au.pinterest.com/explore/サンドイッチ-ペーパーナプキン/


 


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id