sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

5 Cara Sederhana untuk Lebih Menghargai Orang Lain

Rani Mutiara | Selasa, 08 Jun 2021 10:15 WIB
5 Cara Sederhana untuk Lebih Menghargai Orang Lain
Charming and Positive | Freepik.com
Jakarta -

Kita seringkali diajarkan untuk saling menghargai satu sama lain, sekalipun dengan orang yang tidak kita kenal. Namun karena terbiasa fokus ke sesuatu yang besar, kita jadi sering lupa bahwa 5 hal sederhana di bawah ini juga termasuk cara dalam menghargai orang lain.

Menghormati Perbedaan Pendapat

Bukan hal yang aneh jika kita sering merasa kesulitan dalam menerima pendapat orang lain, apalagi jika pendapatnya sangat bertolak belakang dengan pendapat kita. Supaya tetap bisa menghargai orang lain di situasi yang sulit ini, biasakanlah ketika menerima pendapat dari orang lain, coba dengarkan terlebih dahulu sebelum kamu menyampaikan tanggapanmu. Karena dengan mendengarkan pendapatnya, orang tersebut akan merasa dihargai. 

Partner | Freepik.com
Partner | Freepik.com

Tidak Merendahkan Orang Lain

Berada di posisi yang lebih tinggi terkadang bisa membuat kita terlena dan secara tidak sadar lebih mudah dalam merendahkan orang lain, entah itu merendahkan status, fisik ataupun pekerjaan mereka. Itulah mengapa kita selalu diingatkan untuk menjaga lisan supaya perkataan kita jangan sampai menyakiti perasaan orang lain. Selain itu, dengan menjaga lisan kita juga bisa lebih menghargai perasaan dan posisi orang lain. 

Shaking Hands | Freepik.com
Shaking Hands | Freepik.com

Tidak Lupa Mengucapkan Terima Kasih

Mengucapkan terima kasih untuk bantuan dan pemberian sekecil apapun juga merupakan bentuk apresiasi. Meskipun kata Terima Kasih terdengar sudah biasa, namun dengan mengucapkannya ke orang yang sudah mau membantu kita bisa saja membuatnya merasa diapresiasi. Namun pastikan kamu juga mengucapkannya dengan tulus, ya! 

Tidak Memotong Penjelasan Lawan Bicara

Ketika berbicara dengan orang lain, selalu dahulukan mendengar sebelum merespon. Hal sesederhana ini sebenarnya termasuk cara menghargai orang lain yang seringkali lupa dilakukan. Ketika lawan bicara kita belum selesai menjelaskan, usahakan untuk tidak memotong pembicaraannya walaupun mungkin ada beberapa hal yang ingin segera kamu respon. Selain hal ini terkesan kurang sopan, memotong pembicaraan lawan cerita juga bisa membuat mereka merasa kesal dan tidak nyaman. 

Talking | Freepik.com
Talking | Freepik.com

Tidak Bermain Gadget saat Berbicara

Alangkah baiknya ketika sedang berbicara dengan orang lain, simpanlah gadget terlebih dahulu dan lakukan kontak mata dengan lawan bicara kita. Hal ini kelihatannya sepele, tapi jika kita terbiasa bermain gadget saat berbicara dengan orang lain, maka orang itu akan merasa tidak didengarkan dan tidak dihargai. 

Itulah 5 cara sederhana menghargai orang lain yang perlu kamu ingat dan biasakan dimana saja, ke siapa saja dan kapan saja.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id