sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

5 Tips Pilih Organisasi Anti Zonk untuk Maba, Begini Caranya!

Izzul Millati Umami | Rabu, 02 Sep 2020 16:30 WIB
5 Tips Pilih Organisasi Anti Zonk untuk Maba, Begini Caranya!
caption
Jakarta -

Bagi kamu yang akan menjadi mahasiswa baru atau yang disingkat dengan maba, kamu mungkin awal-awal masih bingung ingin memilih organisasi apa. Setiap kampus memiliki berbagai macam organisasi, mulai dari organisasi kemahasiswaan dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Saking banyaknya organisasi, kamu mungkin akan merasa bingung saat akan memilih organisasi yang tepat buat kamu. Berikut adalah lima tips memilih organisasi agar tidak zonk.

Temukan Organisasi yang Sesuai dengan Kesukaanmu

Temukan Organisasi yang Sesuai
Temukan Organisasi yang Sesuai/Sumber:pixabay.com

Ketika kamu ingin bergabung ke sebuah organisasi, sebaiknya kamu mencari tahu lebih banyak tentang organisasi apa saja yang ada di kampusmu. Temukan organisasi di bidang yang kamu sukai. Hal ini penting supaya kamu dapat mengembangkan diri dan senang saat sudah bergabung dalam organisasi tersebut.


Pilih Organisasi Berdasarkan Kemampuanmu

Pilih Organisasi Berdasarkan Kemampuanmu
Pilih Organisasi Berdasarkan Kemampuanmu/Sumber:pixabay.com

Sebaiknya kamu memilih organisasi berdasarkan kemampuan yang kamu miliki. Kalau kamu memaksakan diri untuk masuk ke dalam organisasi yang tidak sesuai dengan kemampuanmu, nantinya kamu akan terbebani dengan kegiatannya.

Jangan Bergabung Gara-gara Ikut Teman

Jangan sampai kamu bergabung ke organisasi gara-gara ikut teman. Kalau kamu bergabung hanya karena alasan ini, ditakutkan kamu akan sulit bertahan lama saat sudah ikut organisasi tersebut. Sebaiknya temukan organisasi yang sesuai dengan kesukaanmu.

Cari Organisasi yang Bermanfaat

Cari Organisasi yang Bermanfaat
Cari Organisasi yang Bermanfaat/Sumber:pixabay.com

Dalam memilih organisasi, kamu perlu memperhatikan tentang manfaat yang diberikan oleh organisasi yang akan kamu ikuti. Manfaat ini nantinya tidak hanya untuk kamu sendiri, namun juga manfaat yang nantinya akan kamu berikan ke lingkungan di sekitarmu. Pilihlah organisasi yang bisa menambah motivasimu dalam mendapatkan ilmu. Cari organisasi untuk mengembangkan skill yang juga nanti bisa mendukungmu saat berada di dunia kerja.

Memilih Organisasi yang Mendukung Perkuliahanmu

Memilih Organisasi yang Mendukung
Memilih Organisasi yang Mendukung/Sumber:pixabay.com

Terakhir, pertimbangan yang harus kamu perhatikan dalam memilih organisasi yang selaras dengan jurusan yang kamu ambil saat kuliah. Dengan begitu, organisasi yang kamu ikuti akan mendukung kamu untuk meningkatkan kualitas belajarmu saat di bangku kuliah sehingga tidak sia-sia kamu sudah bergabung di dalamnya.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id