sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

6 Tips Mencari Teman untuk Orang Introvert yang Malu-Malu Kucing

Intan Dwi | Sabtu, 20 Mar 2021 20:00 WIB
6 Tips Mencari Teman untuk Orang Introvert yang Malu-Malu Kucing
caption

Jika kamu menganggap diri kamu introvert, artinya mungkin kamu cukup nyaman dengan diri kamu sendiri. Tetapi terkadang ada saat kamu menyadari bahwa kamu tidak berhubungan dengan orang lain dan keluarga kamu pun menyarankan untuk mencari satu atau dua teman baru.

Biasanya orang introvert juga tidak merasa bahwa dirinya kesepian, malu atau tidak menyukai orang lain, mereka hanya nyaman dengan diri mereka sendiri yang seperti itu. Tapi ketika kamu ingin mencoba memperluas lingkungan sosial, kamu pun merasa tidak yakin harus mulai dari mana. Karena kebanyakan orang merasa sulit berteman berteman sebagai orang dewasa.

Buat kamu yang introvert dan ingin mencari teman baru, kamu bisa mengikuti beberapa tips ini untuk menemukan teman yang satu frekuensi dengan kamu. Inilah tips-tips untuk orang introvert yang ingin mencari teman baru.

Mengetahui alasan kamu

Nah, kalau kamu benar-benar ingin mencari banyak teman kamu bisa melakukannya tetapi kamu harus memiliki alasan yang benar.
Mengetahui alasan kamu/freepik.com

Seorang introvert merujuk pada cara mereka mendapatkan energi dan sifat ini artinya bukan membuat kamu malu atau tidak menyukai orang, ini adalah kesalahpahaman mengenai introvert. Faktanya, introvert cenderung membentuk relasi yang kuat.

Nah, kalau kamu benar-benar ingin mencari banyak teman kamu bisa melakukannya tetapi kamu harus memiliki alasan yang benar. Tanyakan pada diri sendiri, apa kamu benar-benar menginginkan banyak teman atau hanya percaya kamu harus memiliki mereka.

Tapi kalau kamu tidak benar-benar merasa perlu menghabiskan waktu bersama mereka, tidak apa-apa karena sendirian tidak selalu berarti kesepian.

Bertujuan untuk kualitas daripada kuantitas

Meskipun menemukan satu teman baik sedikit sulit dan melelahkan tapi ini lebih baik daripada membentuk sekumpulan kenalan yang kamu tidak memiliki waktu atau energi untuk benar-benar mengetahuinya.
Bertujuan untuk kualitas daripada kuantitas/freepik.com

Menurut sebuah penelitian, hubungan berkualitas tinggi sepertinya lebih menawarkan manfaat paling banyak. Meskipun menemukan satu teman baik sedikit sulit dan melelahkan tapi ini lebih baik daripada membentuk sekumpulan kenalan yang kamu tidak memiliki waktu atau energi untuk benar-benar mengetahuinya.

Melakukan yang kamu sukai

Mencari orang dengan minat yang sama dalam hobi, aktivitas atau pemikiran itu bisa menjadi kunci untuk menciptakan ikatan yang langgeng.
Melakukan yang kamu suka/freepik.com

Meski beberapa orang mendorong kamu untuk keluar dari zona nyaman atau memperluas wawasan kamu, kamu tidak selalu harus mencari hal baru untuk menemukan teman baru. Mencari orang dengan minat yang sama dalam hobi, aktivitas atau pemikiran itu bisa menjadi kunci untuk menciptakan ikatan yang langgeng.

Orang-orang introvert sering merasa paling tertarik dengan aktivitas yang biasanya mereka lakukan sendiri, seperti membaca, menonton film atau hiking. Meskipun aktivitas ini sering dianggap hobi perorangan, tapi kamu tetap bisa menemukan komunitas yang memiliki minat yang sama.

Jangan takut mencoba hal baru

Kamu memang tidak harus selalu mencari hal baru, tapi kalau hobi kamu saat ini tidak memberikan banyak peluang untuk menemukan teman kamu bisa mempertimbangkan pendekatan baru.
Jangan takut mencoba hal baru/freepik.com

Kamu memang tidak harus selalu mencari hal baru, tapi kalau hobi kamu saat ini tidak memberikan banyak peluang untuk menemukan teman kamu bisa mempertimbangkan pendekatan baru. Tantang diri kamu untuk mencoba satu hal baru, meski kamu memulai dari hal yang kecil.

Ketika mencoba hal baru, seperti menjadi sukarelawan atau berpartisipasi dalam acara komunitas, kamu enggak perlu berbicara dengan siapapun saat pertama kali kamu pergi. Tetapi jika kamu menikmati diri kamu sendiri, nanti muncul dengan sendirinya dan coba menghubungkan dengan seseorang yang baru.

Perlihatkan kekuatan kamu

Luangkan waktu untuk memeriksa sifat kamu sendiri dan mengakui hal-hal yang kamu lakukan dengan baik.
Perlihatkan kekuatan kamu/freepik.com

Luangkan waktu untuk memeriksa sifat kamu sendiri dan mengakui hal-hal yang kamu lakukan dengan baik. Kemudian perlihatkan kekuatan yang kamu miliki, kekuatan kamu mungkin ada pada kepribadian, perilaku atau keterampilan tertentu.

Beberapa contohnya, kamu pendengar yang baik, kamu memiliki komitmen yang kuat terhadap privasi, atau kepekaan membuat kamu menjadi orang yang sangat penyayang. Kekuatan kamu mungkin menarik bagi introvert lain yang mengenali semangat yang sama. Tetapi mereka juga bisa melengkapi sifat kontras dari orang yang lebih ekstrovert.

Lebih terlibat dalam apa yang terjadi di sekitar

Tidak ada salahnya mulai mencari koneksi dalam hal-hal yang sudah kamu lakukan meski lebih sulit tetapi bukan berarti tidak mungkin
Lebih terlibat dalam apa yang terjadi di sekitar/freepik.com

Tidak ada salahnya mulai mencari koneksi dalam hal-hal yang sudah kamu lakukan, memang saat pandemi ini akan menjadi lebih sulit tetapi lebih sulit bukan berarti tidak mungkin. Sudah banyak introvert yang memulai dengan mendengarkan apa yang orang lain katakan. Jadi coba melangkah lebih jauh dan tawarkan sesuatu sebagai balasannya.

Mungkin secara naluriah kamu akan menghindari interaksi ajakan dari rekan kerja untuk makan siang, itu karena kamu takut ditempatkan di tempat untuk obrolan ringan. Tetapi dengan menjadi lebih mengenal, kamu mungkin menemukan beberapa ruang untuk kesamaan.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id