sign up SIGN UP

Best Friend Forever Bukan Khayalan, Begini Cara Merawat Pertemanan Sampai Tua!

Risma Oktaviani | Jumat, 08 Oct 2021 10:00 WIB
Best Friend Forever Bukan Khayalan, Begini Cara Merawat Pertemanan Sampai Tua!
Berikut adalah 3 cara efektif untuk membuat hubungan pertemanan awet sampai tua! (Foto: freepik.com / halayalex)
Jakarta -

Great friends are priceless. Mempunyai teman yang baik adalah suatu hal yang tak ternilai harganya. Mereka bisa jadi orang yang dapat menyemangatimu, mendengar keluh kesahmu, membuat kamu tertawa, dan selalu ada saat kamu membutuhkan seseorang untuk diajak bicara.

Saat kamu berada bersama teman atau sahabat baik, kamu bisa menjadi diri kamu sendiri, lebih terbuka, dan tentunya kehidupan sosialmu jadi lebih berwarna. Lantas seperti apa sih tips membangun pertemanan atau bagaimana cara membangun pertemanan yang baik agar pertemanan kamu bisa tetap langgeng

Cari Teman yang Sefrekuensi

sefrekuensi
sefrekuensi / freepik.com / master1305

Hal pertama yang harus dipertimbangkan dalam membangun pertemanan adalah mempunyai teman yang sefrekuensi. Artinya, kamu dan temanmu memiliki kesamaan yang nggak jauh berbeda dalam banyak aspek. Kalian akan mudah nyambung saat membahas topik apapun, nggak mementingkan ego, dan nggak akan canggung. Selain itu, memiliki teman yang sefrekuensi membuat hubungan pertemanan kamu dipenuhi canda tawa tanpa memerlukan effort yang besar.

Saling Terbuka Satu Sama Lain

saling terbuka
saling terbuka / freepik.com / jcomp

Persahabatan adalah tentang kepercayaan dan keterbukaan. Terbuka untuk menyampaikan pendapat, terbuka untuk menerima pendapat. Saling berbagi perasaan dan keadaan dengan teman, mencegah terjadinya kesalahpahaman dan membuat seorang teman merasa dipercaya dan dibutuhkan keberadaannya.

Selain itu, temanmu nggak bisa membaca pikiranmu, jadi kalau ada sesuatu yang mengganjal, cobalah untuk membicarakannya. Jangan takut untuk memberi tahunya sesuatu yang menurut mereka nggak ingin mereka dengar. Namun, usahakan jangan sampai kamu menyakiti perasaannya, ya! 

Sadari Bahwa Nggak Ada Orang yang Sempurna

menerima kekurangan
menerima kekurangan / freepik.com / freepik

Last but not least, untuk membangun pertemanan yang langgeng adalah kamu harus ingat bahwa nggak ada orang yang sempurna. Artinya, kamu harus bisa menerima kekurangan kelebihan dari teman kamu selama mereka nggak memberikan pengaruh buruk bagi kamu.

Terkadang, kamu harus bisa menyingkirkan ego kamu dan berusaha menerima sifat mereka yang mungkin terkadang membuat kamu kesal. Bayangkan jika kamu dan temanmu mempunyai ego yang sama, pasti akan selalu bertengkar. Perlu diingat, dari beberapa kekurangannya, ingatlah berapa banyak kelebihannya yang bisa membuat kamu bahagia dan membuat pertemanan kamu lebih berwarna.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id