sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Biar Tetap Awet, Inilah Etika dalam Persahabatan yang Harus Kamu Tahu

Ade Irma Suryani | Sabtu, 30 Jan 2021 20:00 WIB
Biar Tetap Awet, Inilah Etika dalam Persahabatan yang Harus Kamu Tahu
caption
Jakarta -

Memiliki sahabat yang baik, seru, dan saling memahami memang menyenangkan. Karena dapat membuat hidup terasa menjadi lebih berwarna. Namun, untuk menjaga persahabatan agar tetap awet dan langgeng, tentu ada beberapa etika yang harus kamu ketahui dan pahami. Seperti berikut ini.

 

Jangan Bicarakan Keburukan Sahabat di Belakangnya

Jangan bicarakan keburukan sahabat di belakangnya.
Jangan Bicarakan Keburukan Sahabat/freepik.com

Salah satu etika penting dalam persahabatan ialah jangan pernah membicarakan keburukan sahabat di belakangnya, termasuk rahasianya sekalipun. Tentu sebagai sahabat sangat tidak etis jika kamu sampai melakukan itu. Meskipun kamu dan sahabat sedang berselisih sekalipun, tetaplah menjaga nama baik dan rahasianya. 

 

Jangan Terlalu Mencampuri Kehidupan Pribadi Sahabat

Jangan ikut campur urusan sahabat.
Jangan Terlalu Mencampuri/freepik.com

Sedekat apapun dalam bersahabat, tentu ada batasan yang perlu kamu jaga. Hal tersebut semisal jangan ikut mencampuri kehidupan pribadi sahabatmu. Jangan pernah mencoba masuk ke dalam masalah pribadinya tersebut, jika dirimu memang sama sekali tidak diperkenankan untuk mengetahuinya. Sebaiknya, tetaplah menghargai privasinya, memberi semangat, dan saran atau nasihat jika dia memang membutuhkannya.

 

Jangan Cemburu Saat Sahabat Bersama Teman Lain

Jangan Cemburu saat sahabat bersama temannya.
Jangan Cemburu dengan Temannya/freepik.com

Seringkali seseorang bisa cemburu saat sahabatnya menghabiskan waktu bersama temannya yang lain. Jika kamu sering merasakan itu, maka lebih baik singkirkan perasaan tersebut. Karena sebagai sahabat yang baik, kamu juga perlu menyadari bahwa tak semua hidupnya tentangmu. Artinya, ia juga mempunyai kehidupannya sendiri bersama teman-temannya yang lain. Selain itu, kamu pun juga memiliki kesempatan untuk berkumpul bersama temanmu yang lain.   

 

Jangan Menyukai Pria yang Sama

Hindari menyukai pria yang sama.
Jangan Sukai Pria yang Sama/freepik.com

Meski seperti tak mudah, namun sebaiknya kamu tidak menyukai pria yang juga disukai oleh sahabatmu. Meski rasa suka itu sendiri sangat  manusiawi, akan tetapi lebih baik jika kamu berusaha menghargai perasaan sahabatmu. Selain itu, hindari juga menikung sahabat dari belakang. Karena rusaknya persahabatan lantaran masalah seperti ini akan terasa sangat menyakitkan. Jadi hindarilah!

 

Jangan Terlalu Terbuka

Jangan terlalu terbuka pada sahabat.
Jangan Terlalu Terbuka/freepik.com

Sering menghabiskan waktu bersama sahabat seringkali dapat membuat seseorang lebih mudah untuk terbuka dan bercerita apa saja. Tentu memang tidak ada salahnya berbagi cerita dengan sahabat yang membuatmu nyaman. Namun, berusahalah untuk tidak terlalu terbuka meski sedekat apapun persahabatanmu. Tetaplah menjaga privasimu dengan baik.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id