sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Gak Ikut Organisasi? Tenang, Ini 5 Tips Diterima Kerja Bagi Mahasiswa Kupu-Kupu

Izzul Millati Umami | Selasa, 06 Oct 2020 22:00 WIB
Gak Ikut Organisasi? Tenang, Ini 5 Tips Diterima Kerja Bagi Mahasiswa Kupu-Kupu
caption
Jakarta -

Mahasiswa kuliah pulang-kuliah-pulang atau yang biasa disingkat menjadi kupu-kupu mungkin seringkali diremehkan karena dianggap kurang memanfaatkan waktu kuliah mereka untuk bergabung di organisasi kampus selama ada di bangku kuliah. Kerap kali dilabeli dengan mahasiswa yang pasif, manja, tidak mau keluar dari zona nyaman dan hanya mengandalkan IPK semata. Alhasil banyak orang yang menganggap mahasiswa kupu-kupu ini susah mendapat kerja.

Fakta di lapangan menunjukkan bahwa tidak semua dari mahasiswa kupu-kupu susah mendapat kerja karena tidak semua perusahaan melihat pengalaman berorganisasi mahasiswa. Berikut adalah tips diterima kerja bagi kamu mahasiswa kupu-kupu.


Mulai Bekerja Part Time

Bekerja Part Time
Bekerja Part Time/Sumber:pixabay.com

Dengan memilih menjadi mahasiswa kupu-kupu, artinya waktu luang yang kamu miliki juga banyak dibandingkan teman-temanmu yang sibuk berorganisasi. Waktu luang yang banyak ini sebaiknya kamu manfaatkan untuk mengenal dunia kerja sejak dini.

Kamu bisa mencari pengalaman dengan bekerja part time. Meskipun kerja part time kadang tidak nyambung dengan jurusanmu, setidaknya menambah pengalaman bekerja dan bisa dijadikan bekal di masa depan agar bisa diterima kerja saat melamar.

Aktif di Kegiatan Luar Kampus

Bekerja Part Time
Aktif di Kegiatan Kampus/Sumber:pixabay.com

Kalau kamu sedari awal memutuskan untuk tidak bergabung dalam organisasi kampus, kamu bisa memilih untuk aktif di kegiatan luar kampus. Banyak sekali komunitas-komunitas di luar kampus yang cocok dengan bakat yang kamu miliki.

Tidak terlibat dalam organisasi kampus bukan berarti kamu otomatis rugi karena kamu masih bisa mendapatkan pengalaman di luar kampus yang dapat menunjang bakat sehingga di kemudian hari bisa memudahkanmu untuk diterima kerja. 

Mengikuti Kompetisi 

Mengikuti Kompetensi
Mengikuti Kompetensi/Sumber:pixabay.com

Mahasiswa berprestasi tidak hanya mereka yang aktif di organisasi kampus. Kamu yang tidak pernah terlibat dalam organisasi pun dapat menjadi mahasiswa berprestasi dengan cara mengikuti berbagai macam kompetisi.

Kamu yang punya banyak waktu luang bisa memanfaatkan waktumu untuk mengembangkan potensi dirimu, banyak belajar sesuatu dan kemudian mencoba memberanikan diri mengikuti berbagai macam kompetisi sehingga pengalamanmu bertambah dan dapat menjadi nilai tambahmu saat melamar pekerjaan.

Sudah tahu kan tips keterima kerja? Coba dan praktekin, yuk!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id