sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Inilah Cara Membantu Teman Ketika Berada Dalam Abusive Relationship

Intan Dwi | Selasa, 03 Nov 2020 13:30 WIB
Inilah Cara Membantu Teman Ketika Berada Dalam Abusive Relationship
caption
Jakarta -

Saat mengetahui tentang teman kamu yang berada dalam hubungan yang kasar, mungkin akan membuat kamu emosi dan menyuruh mereka untuk berpisah. Tapi ini merupakan cara yang salah, karena kamu dikontrol oleh emosi. Lebih baik cari cara yang tepat, pertama mendengarkan cerita dari teman kemudian kamu bisa memikirkan bagaimana cara membantu mereka tanpa gegabah. Berikut ini cara yang bisa kamu lakukan untuk membantu teman ketika berada dalam abusive relationship.

Mengedukasi Diri Sendiri

Karena itu cara melakukan pendekatan ke teman yang mengalami pelecehan dalam hubungan mereka, yaitu dengan mengedukasi diri sendiri.
Mengedukasi Diri Sendiri/pexels.com

Pelecehan mental dan emosional terkadang sulit dikenali oleh kita sebagai orang luar daripada penganiayaan fisik. Karena itu cara melakukan pendekatan ke teman yang mengalami pelecehan dalam hubungan mereka, yaitu dengan mengedukasi diri sendiri. Artinya kamu melakukan penelitian sendiri, seperti mencari tahu tanda-tanda umum pelecehan mental dan emosional. Dengan begitu akan memudahkan kamu untuk mengenalinya saat teman menceritakan hubungannya dengan kamu.

Mempelajari tentang siklus pelecehan juga tidak ada salahnya, jadi kamu lebih siap untuk mengidentifikasi ditahap mana teman kamu mengalami pelecehan dari pasangannya. Setidaknya dari informasi-informasi yang sudah kamu dapatkan bisa membantu kamu untuk memahami dan mendukung teman kamu.

Bantu Membuat Rencana Keselamatan

. Tapi tentu ini mungkin sulit bagi teman kamu untuk menanganinya sendiri. Kamu yang menjadi teman tempat dia bergantung bisa membuat rencana keselamatan.
Bantu Membuat Rencana Keselamatan/pexels.com

Membuat rencana menyelamatkan diri yang praktis adalah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan. Hal itu untuk melindungi mereka saat berada dalam hubungan yang penuh kekerasan, sehingga mereka siap menyelamatkan diri. Tapi tentu ini mungkin sulit bagi teman kamu untuk menanganinya sendiri. Kamu yang menjadi teman tempat dia bergantung bisa membuat rencana keselamatan.

Kamu dan teman kamu bisa membuat kode yang hanya diketahui oleh orang-orang terdekat dan terpercaya, sehingga mereka bisa menghubungi mereka untuk meminta bantuan ketika terjadi pelecehan.

Ajukan Pertanyaan                       

Jangan memulai percakapan dengan mengajukan pernyataan, tapi ajukan pertanyaan terlebih dahulu.
Ajukan Pertanyaan/pexels.com

Kalau kamu tidak yakin 100% kalau teman kamu mengalami kekerasan dalam hubungannya, pasti ini membuat kamu ingin mendapatkan cerita yang lebih jelas dan mencari tahu hubungan mereka. Kamu bisa dengan lembut mengajukan pertanyaan ke teman kamu, “apakah kamu baik-baik saja? Apakah kamu pernah merasa terluka atau dianiaya dengan cara apapun?” Jangan memulai percakapan dengan mengajukan pernyataan, tapi ajukan pertanyaan terlebih dahulu.

Dengan begitu, kamu tidak membuat asumsi apapun tentang hubungan mereka dan memberikan teman kamu kesempatan untuk menceritakan pengalaman dan perasaannya dengan cara mereka sendiri.

Berikan Ketenangan

Hal penting yang bisa kamu lakukan sebagai teman adalah mendengarkan teman tanpa menghakimi, mengingatkan mereka kalau kamu peduli padanya dan membangun kepercayaan diri mereka.
Berikan Ketenangan/pexels.com

Hal penting yang bisa kamu lakukan sebagai teman adalah mendengarkan teman tanpa menghakimi, mengingatkan mereka kalau kamu peduli padanya dan membangun kepercayaan diri mereka. Kamu juga bisa menekankan kalau ini bukan kesalahan mereka dan teman kamu berhak mendapatkan hubungan yang sehat dan saling menghormati.

Kuncinya di sini adalah membangun fondasi kepercayaan yang kuat dengan teman, artinya jangan pernah mempermalukan mereka atas keputusannya. Mereka hanya akan meminta dukungan seseorang dan mereka akan mempercayai kamu sebagai teman. Membangun kepercayaan juga bergantung pada dukungan mereka untuk membuat keputusan sendiri.

Meluangkan Waktu untuk Mereka

Ini mungkin menjadi salah satu cara terbaik untuk membantu teman saat dalam situasi seperti ini, yaitu meluangkan waktu untuk menghabiskan waktu bersama mereka.
Meluangkan Waktu untuk Mereka/pexels.com

Ini mungkin menjadi salah satu cara terbaik untuk membantu teman saat dalam situasi seperti ini, yaitu meluangkan waktu untuk menghabiskan waktu bersama mereka. Jika mereka belum menemukan waktu yang tepat untuk menceritakan situasi hubungannya, mereka akan diam. Jadi mereka bertemu dengan kamu untuk menghabisakan waktu bersama sehingga mereka akan melupakannya sejenak.

Kamu juga tidak perlu membicarakan apapun yang berkaitan dengan pelecehan atau hubungan mereka saat berkumpul, kecuali memang dia yang ingin mulai menceritakannya. Jadi yang terpenting adalah teman kamu bersama seseorang yang membuatnya merasa aman secara fisik dan emosional.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id