sign up SIGN UP

Jangan Dijauhi atau Ditinggalkan! Inilah Cara Menghadapi Teman yang Merasa Depresi

Risma Oktaviani | Jumat, 05 Nov 2021 23:00 WIB
Jangan Dijauhi atau Ditinggalkan! Inilah Cara Menghadapi Teman yang Merasa Depresi
Inilah Cara Menghadapi Teman yang Merasa Depresi/Foto: Freepik.com/pressfoto

Setiap orang pasti punya momen dimana dirinya merasa berada di posisi paling bawah dan merasa berada di situasi yang sulit. Sehingga, menyebabkan perasaan sedih yang mendalam.

Sangat penting untuk disadari bahwa terkadang merasa sedih adalah suatu bagian hidup yang normal yang dapat dialami oleh setiap orang. Namun, jika kamu merasa sedih berkepanjangan, sehingga mengganggu keseharian kamu, hati-hati, jangan-jangan kamu mengalami depresi.

Depresi adalah sebuah gangguan mood. Hal ini dapat digambarkan sebagai perasaan sedih, kehilangan, atau kemarahan yang mengganggu aktivitas sehari-hari seseorang. Jika dibiarkan lebih lama, dapat menjadi depresi yang lebih parah yang ditandai dengan perasaan sedih, putus asa, dan nggak berharga yang terus-menerus. Depresi dapat menyerang siapa saja, nggak terkecuali kamu, bahkan teman terdekatmu. 

Jika kamu merasa teman kamu merasa sedih dan depresi, hal berikut bisa kamu lakukan untuk mencegah keadaan teman kamu menjadi lebih buruk.

Coba untuk Mengerti Apa yang Sedang Teman Kamu Alami

Berusaha mengerti
Berusaha mengerti / freepik.com / pressfoto

Terkadang, sulit untuk mengetahui perbedaan antara kesedihan biasa dengan masalah kesehatan mental seperti depresi atau anxiety. Nggak semua orang mengalami depresi dengan cara yang sama.

Gejalanya pun dapat bervariasi seperti tampak murung atau sering menangis, memiliki masalah dengan tidur, hingga gangguan makan. Penyebabnya pun berbeda-beda. Mulai dari masalah keluarga, finansial, hubungan, hingga tujuan yang nggak bisa tercapai. 

Tunjukkan Bahwa Kamu Ada untuk Mereka

tunjukkan kamu peduli
tunjukkan kamu peduli / freepik.com / pressfoto

Mungkin sangat sulit untuk mengetahui apa yang harus kamu katakan kepada temanmu saat mereka mempunyai gejala depresi. Saat teman kamu merasa nggak baik-baik saja, beri tahu teman kamu bahwa kamu ada untuk mereka. Kamu siap untuk mendengarkan kesedihan maupun kekhawatiran mereka.

Namun, ingatlah bahwa teman kamu mungkin ingin membicarakan apa yang mereka rasakan, bukan nasihat apalagi penghakiman. Ingatlah bahwa apa yang temanmu rasakan adalah valid dan bukan sesuatu yang nggak berdasar. Akui bahwa apa yang terjadi pada temanmu mungkin sulit untuk dihadapi, karena itulah kamu harus bisa selalu memberi dukungan.

Bantu Mereka Menemukan Dukungan Profesional

Bantu menemukan bantuan profesional
Bantu menemui bantuan profesional / freepik.com / pressfoto

Jika kamu merasa keadaan teman kamu sudah cukup mengkhawatirkan — atau bahkan masih dalam gejala-gejala awal, cobalah tawarkan mereka untuk mendapatkan bantuan profesional seperti psikolog untuk penanganan yang lebih tepat. Pada saat terburuk, bisa saja teman kamu mungkin nggak ingin meninggalkan rumah.

Depresi dapat menguras energi dan meningkatkan keinginan untuk mengasingkan diri. Mendorong mereka dan mendukung mereka untuk membuat janji pertama dapat sangat membantu saat kamu tahu bahwa mereka sedang berjuang.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id