sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Kamu yang Gak Enakan, Begini Cara Tepat Menolak Pemberian Seseorang dengan Tetap Sopan!

Izzul Millati Umami | Senin, 12 Oct 2020 18:00 WIB
Kamu yang Gak Enakan, Begini Cara Tepat Menolak Pemberian Seseorang dengan Tetap Sopan!
caption
Jakarta -

Ladies, banyak orang yang menerima pemberian orang lain karena terpaksa, bukan karena memang menerima barang yang ditawarkan. Yups, alasan terpaksa terjadi karena beberapa sebab, salah satunya adalah takut menyakiti orang lain, takut salah bicara, khawatir tersinggung dan lain-lain.

Dengan begini, orang cenderung ‘iya-iya’ saja dan mengucapkan terima kasih. Padahal, hati sebenarnya ingin menolak. Ladies bisa kok menolak pemberian orang lain dengan mengatakan hal jujur, pastinya dengan cara yang benar dan tepat. Bagaimana caranya? Berikut 5 cara menolak pemberian orang lain dengan sopan:


Ucapkan Kata Maaf dan Terima Kasih

ucapkan terimakasih
ucapkan terimakasih/sumber:pixabay.com

Cara paling halus menolak pemberian adalah dengan mengucapkan kata maaf pada orang yang memberi barang. Sebelum mengucapkan permintaan maaf, sebaiknya awali dengan ucapan terima kasih agar orang lain merasa lebih dihargai.  Lalu, ucapkan permintaan maaf agar orang lain tak tersinggung dan kecewa karena pemberiannya ditolak. 

Berikan Alasan yang Sopan

alasan yang sopan
alasan yang sopan/sumber:pixabay.com

Selanjutnya, menolak pemberian orang lain harus disertai alasan yang logis dan sopan, tentunya agar alasanmu tak mudah dipatahkan. Nah, katakan alasan sesuai dengan keadaan tanpa mengada-ada, semisal kamu sudah mempunyai barangnya. Awali menolak pemberian orang lain dengan kata maaf dan ungkapkan alasannya.

Berikan Pujian

Tak ada salahnya memberikan pujian pada orang lain. Apalagi orang itu telah berbuat baik dan tulus kepada ladies. Nah, hal ini perlu dilakukan untuk menghargai pemberian orang lain, mencegah perasaan tersinggung dan kecewa pada orang lain. 

Tawarkan Solusi Lain

tawarkan solusi lain
tawarkan solusi lain/sumber:pixabay.com

Jika memang tak bisa menerima pemberiannya baik berupa makanan atau barang, maka tawarkan solusi lain agar barang yang diberikannya tak sia-sia. Semisal menyarankan untuk memberikan pada orang lain yang membutuhkan, kamu sudah memiliki barangnya, dan lain-lain.

Penolakan Halus Pemberian Berupa Makanan

makanan
makanan/sumber:pixabay.com

Pemberian orang lain tak hanya berupa barang saja, ladies. Namun juga bisa berupa makanan. Nah, awali dengan kata maaf lalu berikan alasan yang logis seperti kamu sedang berpuasa, memiliki alergi pada makanan tertentu, dan lain-lain.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id