sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Kelebihan dan Kekurangan Sahabat yang Suka Memendam

Jovita | Senin, 22 Jun 2020 08:00 WIB
Kelebihan dan Kekurangan Sahabat yang Suka Memendam
caption

Keputusan seorang sahabat yang memilih memendam perasaan atau masalahnya sendiri seringkali membuat kamu sebagai orang terdekat jadi kecewa. Meskipun seperti itu, memiliki sahabat yang suka memendam sebenarnya punya kekurangan dan kelebihan tersendiri. Cek informasinya di sini!

1.  Nyaman berteman dengannya 

Kenyamanan dalam Persahabatan/ Foto: pixabay.com
Kenyamanan dalam Persahabatan/ Foto: Pixabay.com

Sebenarnya memiliki sahabat yang suka memendam bisa buat kamu nyaman berteman dengannya dan menjadi dirimu sendiri. Kamu cenderung menjadi orang yang apa adanya tanpa harus berpura-pura di depan sahabat. Hal ini bisa terjadi karena sahabatmu tidak pernah mengomentari dan mengatakan hal buruk yang ia pikirkan tentangmu. Ia percaya hal ini adalah salah satu cara untuk membuatmu nyaman dalam pertemanan ini. Dengan begini, persahabatan kalian terjauhkan dari sikap saling menuntut.

2. Hubungan persahabatan jadi lebih tenang

Hubungan persahabatan yang penuh ketenangan/ Foto: pixabay.com
Hubungan Persahabatan yang Tenang/ Foto: Pixabay.com

Karena sahabatmu suka memendam perasaan dan pikirannya, maka kamu akan berpikir segala sesuatu baik-baik saja. Hal ini akan menjauhkanmu dari pikiran buruk dan membuat persahabatan jadi tenang.


Kamu akan tetap menjalani hubungan persahabatan dengan perasaan positif dan optimis. Saat sahabat terlihat selalu menghargai sikapmu, tidak pernah menuntut dan mencela perbuatanmu, maka kamu juga akan menghargainya seperti yang ia lakukan.

3. Tapi, sahabat yang suka memendam jadi terlihat tidak bahagia

Sahabat yang Tidak Terlihat Bahagia/ Foto: pixabay.com
Sahabat yang Tidak Terlihat Bahagia/ Foto: Pixabay.com

Hal yang tidak menyenangkan dari seorang sahabat yang suka memendam adalah kamu jadi merasa tidak mengenalnya. Karena selalu memendam perasaan dan pikiran, kamu jadi tidak mengetahui bagaimana kondisi sahabatmu yang sebenarnya. 

Terkadang mungkin ia terlihat seperti memiliki banyak masalah, tapi ia enggan untuk memberitahu meskipun kamu sudah menanyakannya. Tentu hal ini akan membuat kamu menjadi sedih. Kamu merasa seperti orang yang tidak pengertian dan tidak bisa membantu sahabat sendiri. Selain itu, kamu jadi bingung dalam mencari cara untuk menghiburnya karena kamu sendiri juga tidak mengetahui dimana letak masalah yang dihadapi.

4. Sewaktu-waktu dia bisa meledak dan hubungan kalian jadi terancam hancur

Hubungan yang Retak/ Foto: Pixabay.com
Hubungan yang Retak/ Foto: Pixabay.com

Hal yang paling buruk dari kebiasaan memendam adalah mudah memicu kesalahpahaman. Seseorang yang suka memendam diibaratkan seperti sedang menggenggam bom, hanya menunggu waktu sampai bom itu meledak. Dan inilah yang akan dialami, jika sahabatmu terus memendam apapun dan tidak pernah membaginya kepada orang lain.

Sampai pada satu titik, dimana sahabatmu sudah tidak tahan lagi dengan semuanya, ia akan menjadi sangat marah. Dia mungkin merasa hanya seorang diri dan tidak ada yang bisa mengerti perasaan dan pikirannya. Kemarahan inilah yang kemudian dituangkan pada dirimu. Namun, kamu akan berbalik marah karena ia tidak pernah cerita apapun dan tidak pernah membiarkanmu menolongnya. Jika sudah seperti ini,  hubungan persahabatan yang sudah dibangun sejak lama pun bisa terancam hancur.

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id