sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Sering Iri dengan Kelebihan Teman? Duh Jangan Dibiarin Berlarut-Larut ya!

Ade Irma Suryani | Jumat, 19 Feb 2021 22:00 WIB
Sering Iri dengan Kelebihan Teman? Duh Jangan Dibiarin Berlarut-Larut ya!
caption
Jakarta -

Perasaan iri hati tentu tidak baik, karena hal tersebut bisa menjadi racun bagi diri sendiri. Rasa iri sendiri bisa muncul dengan siapa saja, termasuk pada teman sendiri. Melihat teman yang memiliki kelebihan daripada diri sendiri terkadang bisa mengundang rasa iri. 

Nah, bagi kamu yang sering merasa iri dengan kelebihan teman-temanmu sendiri, maka sudah saatnya untuk membuang perasaan negatif tersebut. Berikut tipsnya di bawah ini.

 

1. Sadari Kelebihan dan Keunikan Diri Sendiri

Perlu menyadari kelebihan dan keunikan diri sendiri untuk tidak cemburu pada teman.
Woman/unsplash.com/James Marcom   

Melihat kelebihan yang dimiliki oleh teman sendiri terkadang cukup sering membuat timbulnya perasaan iri. Maka tak jarang, hal ini juga membuatmu begitu mudah dalam membanding-bandingkan diri dengan temanmu. Kamu pun lantas merasa diri begitu buruk hanya karena merasa tidak seberuntung temanmu yang cantik, putih, kaya, berbakat, dan populer. 

Sadar tidak sih, ketika kamu sudah merasa begitu, itu tandanya kamu lupa akan kelebihan yang telah kamu miliki. Ingatlah, bahwa tak satu pun manusia yang sempurna di dunia ini. Kamu pun memiliki kelebihan dan keunikan dirimu sendiri. Jadi, berhentilah bersikap tidak adil pada diri sendiri. 

 

2. Batasi Penggunaan Media Sosial

Batasi penggunaan media sosial agar tidak mudah cemburu pada postingan teman.
Woman/unsplash.com/Tamara Bellis 

Media sosial memang cukup sering digunakan oleh banyak orang untuk saling berbagi kebahagiaannya masing-masing. Bahkan, hal semacam ini terkadang juga sering menjadi ajang pamer bagi sebagian orang dengan apa yang dimiliki. Tak jarang, bagi orang yang kurang beruntung melihat itu bisa menimbulkan rasa iri hati. 

Nah, jika selama ini pemicu rasa iri yang kamu rasa adalah karena sering melihat isi media sosial temanmu, maka ada baiknya jika kamu mulai membatasi penggunaan media sosial. Mulailah untuk mengurangi melihat hal-hal yang membuat perasaanmu menjadi tidak nyaman. 

 

3. Jadikan Sebagai Motivasi

Jadikan kelebihan teman sebagai motivasi.
Woman/unsplash.com/sean Kong 

Alih-alih merasa iri dengan kelebihan dan keberhasilan temanmu sendiri, mengapa tidak mencoba menjadikan hal tersebut sebagai motivasi atau pendorong untuk dirimu bisa lebih baik lagi. 

Misalkan, temanmu berhasil diterima bekerja di tempat yang bagus dan bergengsi. Daripada kamu iri dan merasa tidak beruntung, bukankah lebih baik jika kamu berusaha lebih giat lagi atau bahkan meminta bantuannya. 

 

4. Menulis Buku Harian

Mengungkapkan perasaan yang tidak baik dengan cara menulis bisa ikut membantu.
Writing/unsplash.com/Green Chameleon 

Barangkali sedikit orang yang menyadari bahwa menulis juga bisa menjadi terapi bagi jiwa. Mengalami perasaan negatif seperti rasa iri, tentu merupakan bagian dari penyakit hati yang bisa menjauhkan seseorang dari kebahagiaan itu sendiri. 

Nah, untuk membantu mengurangi perasaan negatif tersebut, kamu bisa mencoba untuk mengungkapkannya pada buku harian. Dengan menulis apa yang kamu rasakan, maka selain dapat mengurangi stres, maka hal ini juga dapat membantumu untuk menjernihkan pikiran, sehingga kamu bisa memahami dengan baik penyebab mengapa perasaan iri tersebut muncul. 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id