sign up SIGN UP

Sering Nggak Disadari, Kenali Tanda-tanda Teman yang 'Toksik' Biar Kamu Nggak Terus Makan Hati!

Anindya Milagsita | Kamis, 11 Nov 2021 23:30 WIB
Sering Nggak Disadari, Kenali Tanda-tanda Teman yang 'Toksik' Biar Kamu Nggak Terus Makan Hati!
Tanda-tanda teman toksik yang harus dikenali biar nggak makan hati/freepik/drobotdean

Beauties, memiliki lingkaran pertemanan yang bikin nyaman sekaligus memberi pengaruh positif tentu menyenangkan, ya. Tapi bagaimana kalau yang terjadi justru sebaliknya? Nggak jarang kondisi ini bisa kamu temui di sekitar atau bahkan kamu sendiri yang mengalaminya.

Memiliki teman yang memberi kamu pengaruh buruk hingga bikin kamu nggak nyaman, bisa masuk dalam kategori teman toksiklho. Selain itu, masih ada berbagai tanda-tanda teman toksik yang harus kamu kenali sejak saat ini biar nggak bikin makan hati.

Penasaran apa sajakah ciri-ciri teman toksik yang harus kamu hindari? Simak lewat artikel ini!

Tak Bisa Dipercaya

Orang yang tak bisa dipercaya jadi salah satu tanda teman yang toksik.
Tanda-tanda teman toksik yang harus dikenali biar nggak makan hati/freepik/wayhomestudio

Pernah nggak saat menceritakan privasi atau masalah kamu pada lingkaran pertemanan, justru hal ini menyebar sampai ke mana-mana? Kalau pernah mengalaminya, berarti kemungkinan kamu berada dalam lingkup teman yang toksik, Beauties. Melansir dari Healthline, ciri-ciri teman yang toksik salah satunya nggak bisa dipercaya.

Saat kamu membagikan sebuah rahasia ataupun hal-hal yang dianggap privasi pada mereka, kecenderungan teman yang toksik justru merasa senang menyebarkannya.

Meskipun nggak jarang mereka melakukannya secara nggak sengaja, tapi kepercayaan itu mahal harganya. Saat mereka bisa dengan mudah merusak kepercayaan yang kamu berikan, kemungkinan mereka nggak terlalu peduli dengan apa yang kamu rasakan.

Bercanda Keterlaluan

Teman yang toksik sering becanda keterlaluan.
Tanda-tanda teman toksik yang harus dikenali biar nggak makan hati/freepik/tirachardz

Selanjutnya, saat sedang mengobrol atau bersenda-gurau dengan teman-teman nggak jarang ada momen di mana kalian saling bercanda, Beauties. Bercandaan ini bisa berubah saling mengolok atau bahkan menertawakan satu sama lain kalau tahap pertemanan kamu sudah sangat akrab.

Tapi hal ini nggak berlaku bagi setiap orang, lho. Saat bercandaan mereka dirasa berlebihan dan cenderung bikin kamu nggak nyaman, hati-hati kemungkinan kamu berada di sekitar teman yang toksik.

Masih dilansir dari laman yang sama, teman toksik seringkali menganggap perilaku merendahkan atau mengolok-olok hanya sebagai bahan bercandaan. Mereka nggak sadar kalau saat mendengarkan tertawaan mereka justru bikin kamu sakit hati.

Datang Saat Butuh Aja

Ciri teman toksik salah satunya hanya datang saat butuh.
Tanda-tanda teman toksik yang harus dikenali biar nggak makan hati/freepik/diana.grytsku

Kamu pernah menemui teman yang datang hanya saat butuh dan menghilang ketika dibutuhkan? Mulai waspada ya, bisa jadi mereka adalah salah satu teman yang toksik, Beauties. Mengutip dari Women's Health, pertemanan yang sehat adalah adanya keseimbangan antara apa yang kamu berikan dengan yang kamu dapatkan.

Saat kamu selalu ada untuk mereka saat dibutuhkan, tapi mereka justru nggak pernah membalas kebaikan yang kamu lakukan sekecil apapun, itu berarti ciri-ciri kamu kemungkinan dalam hubungan pertemanan yang toksik.

Meskipun kamu tulus melakukan saat mereka membutuhkan bantuan, tapi pertemanan yang sehat juga akan berlaku sebaliknya, Beauties. Selalu membantu dengan tulus saat kamu butuhkan mereka.

Bikin Hati Gelisah

Teman toksik seringkali bikin hati kita gelisah.
Tanda-tanda teman toksik yang harus dikenali biar nggak makan hati/freepik/rawpixel.com

Kalau kamu mengalami keadaan yang nggak nyaman atau cenderung gelisah saat tengah berada di sebuah lingkaran pertemanan, itu bisa berarti kalau mereka memang bukanlah untuk kamu. Pertemanan yang toksik cenderung bikin kamu serasa menjalankan tugas meskipun tengah menghabiskan waktu luang bersama mereka.

Selain itu, saat kamu berada di lingkungan teman yang toksik bisa menguras tenaga, lho. Kamu bahkan bisa mengalami perasaan gelisah, cemas, pusing, hingga sakit perut saat tengah berada mereka. Momen ini yang justru bikin kamu ingin lekas pulang dan mengakhiri pertemuan itu. 

Berusaha Mengubahmu

Teman yang toksik cenderung berusaha merubahmu.
Tanda-tanda teman toksik yang harus dikenali biar nggak makan hati/freepik/cookie_studio

Menjadi diri sendiri saat berada bersama teman-teman tentu menyenangkan ya, Beauties. Tapi hal ini bisa berlaku sebaliknya kalau kamu dikelilingi teman yang toksik. Pertemanan yang toksik bisa mengubah kamu menjadi orang lain. Kamu cenderung menganggap kalau perilaku atau kebiasaan yang terjadi bukanlah kamu yang sebenarnya.

Masih dilansir dari Women's Health, ciri-ciri seorang teman yang toksik ternyata bisa menyebarkan ketoksikannya pada orang lain, lho. Saat kamu bersama orang itu, ia memunculkan perilaku atau kebiasaan tak biasa dalam diri kamu yang bukanlah terbaik.

Seperti melakukan hal-hal yang buruk, membuat kamu jadi orang yang berbeda, atau perilaku lain yang dianggap 'bukan kamu banget'.

---------------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id