sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Yang Bisa Kamu Lakukan Ketika Ada Teman yang Berduka Akibat Covid-19

Octaviani | Rabu, 14 Jul 2021 10:00 WIB
Yang Bisa Kamu Lakukan Ketika Ada Teman yang Berduka Akibat Covid-19
Hibur teman yang berduka karena covid19/Foto: freepik.com/jcomp

Covid19 memang memberikan banyak dampak pada kehidupan kita. Dari segi ekonomi, materi, fisik dan mental. Bisa jadi, saat ini di sekitar kita banyak yang mengalami kehilangan keluarga, sahabat dan orang yang dicintai akibat virus covid19 ini.

Walaupun kematian adalah hal yang pasti, namun rasa kekhawatiran itu tetap dirasakan terlebih angka covid-19 masih cukup tinggi. Keadaan saat ini pun sedang tidak memungkinkan, untuk kita datang melayat ke rumah duka, demi memberi support langsung kepada teman atau sahabat yang sedang merasakan kehilangan.

Lantas, apa yang bisa kita lakukan saat pandemi seperti sekarang?

Jadilah pendengar yang baik

Saat teman atau sahabat sedang merasa berduka atas kehilangan orang yang dicintainya, cobalah hubungi dia melalui telepon atau pesan chat. Berikan perhatian dan empatimu, dengarkan semua keluh kesahnya. Setidaknya kamu bisa menjadi tempatnya berbagi untuk sedikit menghilangkan kesedihan dia.

Menurut psikolog Ratih Andjayani Ibrahim, seperti dilansir dari detikHealth, seorang pendengar harus berempati. "Kita memang enggak bisa membuat dia (lawan bicara -red) selalu happy karena kita bukan pelawak. Seringkali yang dibutuhkan dari seseorang itu memang teman bercerita, dengan mendengar saja sudah bisa membantu meringankan beban," katanya.

Jadikan pendengar yang baik saat teman berduka
Jadikan pendengar yang baik saat teman berduka/pexels.com/lizasummer

Berikan Bantuan


Di saat tidak bisa bertatap muka langsung, maka tanyakan saja apa yang ia butuhkan. Mungkin kamu bisa mengirimkan obat-obatan atau bahan makanan. Bisa juga kamu kirimkan fresh money, yang mana bila itu yang memang paling ia butuhkan saat ini. Kamu juga bisa mengajak temanmu yang lain untuk mengumpulkannya.



Silaturahmi Online


Manfaatkan sosial media yang saat ini sangat memudahkankan kita untuk berkomunikasi, Beauties. Jika keadaan teman atau sahabatmu yang berduka sudah membaik, ajaklah teman-temanmu yang lain untuk bersilaturahmi melalui video call. Hibur dan ajaklah ia untuk sejenak melupakan kesedihannya.

Tapi ingat, hindari memberikan tanggapan yang menyepelekan perasaannya. Bilang juga kepadanya dia bisa menghubungimu ketika membutuhkan bantuan. Dilansir dari detikHealth, Psikiater Anak dan Remaja Dr dr Suzy Yusna Dewi, SpKJ., menyampaikan jika ada teman yang merasakan kesedihan jangan biarkan dia merasa sendirian, ajaklah ia untuk berinteraksi dengan orang lain. Hal ini juga akan membuat ia merasa ada yang memperdulikannya setelah ia kehilangan orang yang dicintai.

Silaturahmi online
Silaturahmi online/freepik.com/frimufilms



Pandemi covid-19 ini memang sangat menantang bagi kita semua. Sekarang, saatnya kita untuk saling support dan menyemangati satu sama lain. Let's spread kindness, Beauties!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id