sign up SIGN UP

3 Pilihan 'Obat' Herbal untuk Isolasi Mandiri Covid-19

Ayu kinanti | Senin, 12 Jul 2021 15:44 WIB
3 Pilihan 'Obat' Herbal untuk Isolasi Mandiri Covid-19
caption
Jakarta -

Di tengah pandemi, saat didiagnosa positif Covid-19 bergejala ringan, biasanya pasien diminta untuk isolasi mandiri. Walau tak di rumah sakit, namun obat-obatan harus tetap dikonsumsi.

Selain obat yang direkomendasikan oleh dokter, 3 pilihan obat herbal ini juga bisa membantu meringankan gejala Covid-19 loh Beauties. Yuk kita simak apa saja.

Qusthul Hindi

Saussurea costusSaussurea costus atau Qusthul Hindi, salah satu obat herbal untuk isolasi mandiri./ Foto: Wikimedia Commons/Vinayaraj

Qusthul Hindi atau Saussurea Costus biasanya bisa dijumpai dalam bentuk bubuk, Beauties. Bahan herbal ini memiliki manfaat antiradang (antiinflamasi), antimikroba serta pereda rasa sakit (analgesik).

Oleh karena itu fungsinya mirip dengan obat jenis Ibuprofen yang juga berfungsi meredakan peradangan dan mengurangi rasa sakit.

Qusthul Hindi biasanya dipakai untuk pengobatan terapi, bukan pencegahan Covid-19. Qusthul Hindi bisa dikonsumsi tiga kali sehari untuk mengurangi gejala demam, batuk, dan sakit tenggorokan.

Resepnya, 1/2-1 sendok teh Qusthul Hindi dilarutkan ke dalam segelas air. Aduk dan biarkan sampai mengendap. Kemudian, kamu bisa meminum bagian atasnya, bukan endapannya.

Rasa Qusthul Hindi bisa sangat pahit. Jika tak bisa menahan rasa pahit, madu bisa ditambahkan ke dalam larutan.

Herbal lain yang juga direkomendasikan dapat dibaca di sini.

(ayk/ayk)

Our Sister Site

mommyasia.id