sign up SIGN UP

4 Fakta di Balik Varian R.1 Covid-19 yang Terdeteksi di AS, Kehadirannya Bakal Seganas Delta?

Cynthia Claudia | Rabu, 13 Oct 2021 06:15 WIB
4 Fakta di Balik Varian R.1 Covid-19 yang Terdeteksi di AS, Kehadirannya Bakal Seganas Delta?
caption

Virus Covid-19 varian Delta kini masih menjadi virus yang paling mendominasi di seluruh dunia. Namun, kini perhatian tertuju pada virus varian baru yang teridentifikasi di Amerika Serikat bernama varian R.1. 

Varian R.1 ini pertama kali teridentifikasi di sebuah panti jompo yang berlokasi di Kentucky, Amerika Serikat. Seiring berjalannya waktu, ternyata telah menyebar hingga ke 47 negara. 

Apakah Itu Varian R.1?

Varian R.1 merupakan salah satu varian yang mengandung sejumlah mutasi, yang terbukti lebih menular dibandingkan varian lain. Nah berikut ini, 4 fakta yang perlu kamu tahu di balik varian R.1 Covid-19. Simak yuk, Beauties!

1. Memiliki Kekebalan Terhadap Antibodi 

fakta varian baru covid
fakta varian baru covid/ Foto: Pexels

Fakta varian R.1 yang pertama adalah adanya mutasi E48K dalam R.1 yang disebut-sebut memiliki kekebalan terhadap antibodi. Mutasi yang sama juga ditemukan pada varian Covid-19 lainnya seperti Beta, Gamma, Mu, dan lain-lain. 

Selain itu, mutasi unik lainnya juga adalah G439R, yang diyakini belum seganas varian Delta. Hingga kini, mutasi ini masih terus diteliti.

2. Mutasi yang Mampu Meningkatkan Kemampuan Penularan

fakta varian r. 1
fakta varian r. 1/ Foto: Pexels/ Burst

Fakta varian R.1 yang kedua adalah memiliki mutasi yang salah satunya adalah D6614G. Mutasi ini terbukti mampu meningkatkan kemampuan penularan virus. Sehingga, dianggap lebih menular dibandingkan varian lainnya. 

3. Termasuk 'Variant Under Monitoring' di Bawah Naungan WHO

fakta varian r. 1
fakta varian r. 1/ Foto: Pexels/ Markus S.

Sebelumnya, varian R.1 dikategorikan sebagai 'Alert for Further Monitoring' oleh WHO. Namun, sekarang karena terdapat penelitian lebih lanjut maka dikategorikan sebagai 'Variant Under Monitoring'. Karena adanya kemungkinan virus ini menyebar ke berbagai negara, maka tetap harus adanya pemantauan.

4. Tidak Seganas Varian Delta yang Masih Mengancam 

fakta varian r. 1
fakta varian r. 1/ Foto: Pexels/ CDC

Seperti yang dilansir dari Detik Health, menurut William Schaffner, seorang dokter spesialis penyakit menular dan profesor di Vanderbilt University School of Medicine, varian R.1 jika dibandingkan Varian Delta masih tidak perlu mendapatkan perhatian lebih. Varian Delta-lah yang tetap harus ditangani lebih serius.  

Namun, ia tetap menyarankan agar Pemerintah tetap menyelidiki lebih lanjut mengenai asal-usulnya. Ini dilakukan untuk memahami penyebarannya dan fakta varian baru Covid-19. Secara keseluruhan, varian R.1 ini tidak seganas varian Delta yang masih mengancam sekumpulan nyawa di seluruh dunia.

Itulah fakta varian R.1 terbaru yang dilansir dari Detik Health. Stay safe and healthy, Beauties!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id