sign up SIGN UP

LIFE

4 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Melakukan Workout

Intan Dwi | Senin, 15 Feb 2021 20:00 WIB
4 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Melakukan Workout
caption
Jakarta -

Entah kalian suka melakukan olahraga atau tidak, tapi kalian pasti setuju kalau olahraga memiliki manfaat yang positif dan efektif untuk tubuh. Kamu bisa berolahraga untuk stabilitas mental, kesehatan atau mencoba menghilangkan berat badan.

Menghabiskan waktu dengan berolahraga baik di gym, rumah atau di luar ruangan benar-benar sangat bermanfaat bagi tubuh. Tapi sebelum melakukannya, kalian harus melakukan sesuatu untuk memaksimalkan hasil dari olahraga yang kamu lakukan. Berikut ini empat hal yang harus dilakukan sebelum melakukan workout.

Tidur yang cukup

tidur memengaruhi pelepasan dan keseimbangan neurotransmiter seperti dopamin dan serotonin (sering disebut sebagai hormon bahagia).
Tidur yang cukup/freepik.com

Tidur merupakan salah satu faktor penentu terkuat untuk rutinitas kesehatan yang sukses. Pada intinya, tidur memengaruhi pelepasan dan keseimbangan neurotransmiter seperti dopamin dan serotonin (sering disebut sebagai hormon bahagia).

Dengan kualitas tidur yang cukup juga membuat kamu fokus dan stamina meningkat, memungkinkan kamu mencapai lebih banyak aktivitas. Jumlah energi yang kamu miliki dan fungsi otak yang tepat mengurangi kemungkinan cedera dan meningkatkan kemampuan untuk menangani beban berat atau pola gerakan yang cepat.

Makan dan minum

penelitian terbaru menemukan bahwa kamu bisa mendapatkan keuntungan yang lebih baik jika makan dan minum sebelum olahraga.
Makan dan Minum/freepik.com

Meskipun ada pendapat yang bertentangan tentang hal ini, tetapi penelitian terbaru menemukan bahwa kamu bisa mendapatkan keuntungan yang lebih baik jika makan dan minum sebelum olahraga. Dalam hal hidrasi, kamu disarankan minum dua hingga tiga cangkir air beberapa jam sebelum workout.

Sedangkan untuk makanan, karbohidrat dan protein tanpa lemak adalah pilihan terbaik untuk makanan pra-workout, kamu bisa makan-makanan rendah lemak satu jam sebelum berolahraga. Beberapa pilihannya ada ayam, ikan, greek yogurt dan karbohidrat seperti ubi, nasi atau kacang-kacangan.

Menurut penelitian ilmiah, karbohidrat tersebut memainkan peran utama dalam daya tahan kamu. Pemuatan karbohidrat tepat sebelum olahraga secara signifikan dapat meningkatkan kinerja.

Peregangan sangat penting

Melakukan peregangan sebelum berolahraga tampaknya hal jelas yang harus dilakukan ketika ingin berolahraga.
Peregangan/freepik.com

Melakukan peregangan sebelum berolahraga tampaknya hal jelas yang harus dilakukan ketika ingin berolahraga. Tetapi masih banyak orang terburu-buru saat melalui langkah penting ini atau bahkan mengabaikannya sama sekali.

Peregangan akan menghangatkan otot dan melindungi kamu dari rasa sakit setelah berolahraga. Melakukan pemanasan dengan peregangan dinamis sangat penting terutama seiring bertambahnya umur.

Berolahraga tanpa mempersiapkan tubuh dengan peregangan dinamis dapat menyebabkan kekakuan dan nyeri yang tidak menyenangkan.

Gunakan foam roller

Alat ini tidak hanya dapat digunakan sebagai terapi untuk menghilangkan stres, tetapi juga alat yang kuat dan sederhana yang sangat bermanfaat bagi tubuh.
Gunakan foam roller/freepik.com

Foam roller merupakan tren kebugaran yang saat ini sedang naik daun dan tengah menjadi perbincangan mereka yang gemar olahraga. Alat ini tidak hanya dapat digunakan sebagai terapi untuk menghilangkan stres, tetapi juga alat yang kuat dan sederhana yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Karena alat ini dapat meningkatkan sirkulasi, merangsang sistem limfatik untuk membantu menghilangkan racun dan membuat otot terlihat. Foam roller dengan kepadatan tinggi ini sangat cocok untuk pemanasan sebelum latihan, membantu mencegah cedera otot.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id